10 Kuliner Legendaris Di Solo Yang Sudah Terkenal Puluhan Tahun


Kuliner Solo - Kota Solo terkenal memiliki banyak destinasi wisata sejarah dan budaya Selain destinasi wisata yang beragam kota solo juga memiliki daya tarik di bidang kuliner loh. Kuliner yang ada di kota Solo adalah kuliner yang sudah bertahan selama puluhan tahun. Walaupun sudah diwariskan dari generasi ke generasi para penerus tetap mempertahankan resep asli nya, Jadi tidak usah ragu soal rasa sudah dijamin tetap asli dan otentik tidak ada yang berubah. Kalau kalian berpergian ke Solo Jangan lupa untuk mengunjungi 10 tempat Kuliner Legendaris berikut ini yang ada di Solo ya.


1. Timlo Sastro


Timlo Sastro yang juga sering dikenal sebagai Timlo Sastro Balong ini berlokasi disalah satu sudut pasar Gedhe kota Solo, Satu porsi komplit ini isinya terdiri dari potongan hati ampela, telur pindang dan sosis solo dengan kuah yang bening.

Warung makan Timlo Sastro ini sudah buka sejak tahun 1952 loh, Sangat lama bukan, karena itu warung ini juga sudah terkenal banget di kota Solo. Kalau kamu ingin menikmati lezatnya Timlo Sastro, kamu bisa mengunjungi warung ini dari jam 06.30 hingga jam 15.30 WIB.


2. Nasi Pecel Dan Nasi Tumpang Bu Kis



Nasi pecel yang paling enak di Solo adalah warung Nasi Pecel nbu Kis yang beridiri sejak tahun 1951, Wow sudah lama sekali bukan, Warung ini terletak di belakang kantor pengadilan negeri Solo Jl Gleges Priyobadan, Solo. Selain Nasi pecel warung ini juga memiliki menu andalan Sambal Tumpang, ini adalah sejenis makanan yang dibuat dari tempe busuk. Sambal Tumpang memiliki cita rasa gurih, manis, dan sedikit pedas. Kalau kamu penasaran ingin mencoba makan di warung ini, kamu bisa segera datang kesini. Warung pecel ini buka mulai jam 7 pagi hingga jam 2 siang.


3. Soto Gading


Soto ayam yang paling terkenal di kota Solo adalah soto gading, yang sudah berdiri sejak tahun 1974. Warung soto ini terletak di Jalan Brigjen Sudiarto No 75. Walaupun warung ini tidak mewah namun tercatat banyak pejabat negara pernah makan di warung in.

Soto gading mempunyai kuah agak kental gurih dengan warna bening. Sebagai teman makan soto, kamu bisa memilih aneka lauk seperti tempe, tahu, empal, perkedel, sate aneka jeroan, dan lainnya. Warung soto ini buka mulai jam 05.30 WIB hingga jam 15.30 WIB. Untuk harga, seporsi soto di warung ini dihargai mulai dari 10 ribu rupiah.


4. Selat Solo Mbak Lies


Warung selat yang terkenal di Solo adalah Warung Selat Mbak Lies, Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1985 oleh Wulandari Kusmadyaningrum (yang dikenal dengan nama panggilan mbak Lies) dan warung ini merupakan salah satu tempat makan yang sangat terkenal. Tampilan makanan ini mirip dengan salad karena banyak diisi dengan sayuran, dan memang nama 'Selat' merupakan plesetan dari kata 'Salad'. Sesuai dengan namanya, Selat Solo ini terdiri dari daging sapi yang diberi kuah manis dan gurih, disajikan dengan kentang goreng dan sayuran rebus. Warung Selat Solo Mbak Lies ini terletak di Jalan Veteran, gang II no. 42, Serengan, Solo. Buka mulai jam 8 pagi hingga 5 sore.


5. Tengkleng Klewer Bu Edi


Tengkleng Klewer merupakan salah satu makanan khas solo yang mirip dengan gulai yang berisi daging kambing, Zaman dulu tengkleng ini identik dengan makanan orang miskin karena masakan ini hanya berupa tulang yang berisi sedikit daging, Sampai sekarang Tengkleng Klewer ini menjadi makananan kegemaran banyak orang di berbagai lapisan. Jika kalian penasaran penasaran pengen mencicipi kuliner legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1971 ini, kamu bisa datang ke pasar Klewer. Tengkleng Bu Edi buka setiap hari mulai jam 1 siang dan biasanya sudah habis hanya dalam waktu 2 hingga 3 jam saja, Sangat laris bukan.


6. Sate Kere Yu Rebi


Pasti kalian mendengar kuliner yang satu ini agak aneh dan asing bukan ? Sate Kere ini terbuat dari tempe gambus dan jerohan sapi Seperti sate pada umumnya, Satu porsi sate kere juga disajikan dengan sambal kacang dan potongan lontong. Warung Sate kere Yu Rebi ini sendiri sudah berdiri sejak tahun 1986, jadi soal rasa tidak perlu diragukan lagi sudah pasti Maknyos.

Kalau kalian penasaran ingin mencoba kuliner legendaris ini, kamu bisa datang ke warung Sate Kere Yu Rebi yang terletak di belakang Stadion Sriwedari Solo. Warung ini buka mulai jam 10.00 WIB hingga 21.00 WIB.


7. Serabi Notosuman


Kuliner yang satu ini merupakan salah satu kuliner yang sudah legenda banget Serabi ini sudah ada sejak tahun 1923 di Jl Mohammad Yamin No 28, Solo. Namun saat ini Serabi Notosuman sudah memiliki banyak cabang yang tersebar dimana-mana.

Terbuat dari campuran tepung beras dan santan yang diaduk menjadi adonan serabi kemudian, adonan tersebut dimasak di atas cetakan bulat kecil menggunakan tungku. Serabi Notosuman punya dua varian rasa, polos dan coklat. Dua-duanya rasanya dijamin enak. Kalau kamu ingin membeli Serabi Notosuman, kamu bisa datang mulai jam 7 pagi.


8. Gudeg Ceker Bu Kasno


Kalau kalian ke solo jangan lupa mampir ke Warung Gudeg Ceker Bu Kasno, soal rasa jangan ditanya lagi, Gudeg Ceker ini sudah ada sejak tahun 1970 loh, Lokasi Gudeg ceker ini berada di Jl. Monginsidi, Margoyudan, Solo. Gudeg ini hanya bisa kamu beli mulai jam 1 pagi namun sudah sejak jam 12 malam biasanya banyak orang yang menunggu di lokasi tempat Bu Kasno berjualan.

Satu porsi gudeg terdiri dari nasi gurih, gudeg, ceker ayam kampung, sambal krecek, bersama kuah kaldu dan santannya. Harganya pun tidak mahal, hanya sekitar 10 ribu hingga 15 ribu rupiah seporsi. Saat ini gudeg Bu Kasno ini sudah memiliki tiga cabang di Solo.


9. Es Dawet Telasih Bu Dermi


Di Pasar Gede, Solo ada satu kedai es dawet yang selalu ramai dikunjungi pembeli. Itulah kedai Es Dawet Telasih Bu Dermi, bahkan Jokowi saja juga rela antri untuk menikmati Es Dawet di kedai ini. Berdiri sejak tahun 1930, hingga saat ini kepopuleran kedai es dawet ini tetap melegenda.

Semangkuk es dawet di kedai ini isinya bubur ketan hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji telasih. Untuk dapat menikmati es yang legendaris ini, kamu hanya perlu membayar 8 ribu rupiah saja seporsinya. Pastinya Murah banget bukan.


10.Nasi Liwet Wongso Lemu


Kuliner yang terakhir adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Solo ini memang sudah berdiri sejak tahun 1950, Sekarang warung nasi liwet ini di kelola oleh cucu dari bu Wongso Lemu yaitu Mbak Ali Tri Wulandari. Rasanya gurih dari nasi yang dimasak dengan santan yang ditambahkan dengan sayur labu, Ayam dan telur memiliki cita rasa yang khas. Nikmatnya jangan diragukan lagi karena warung nasi liwet ini mampu bertahan hingga lebih dari setengah abad Nasi Liwet Wongso Lemu ini buka mulai jam 4 sore hingga jam 10 malam.

Nahh itu dia  10 Kuliner Paling Legendaris yang ada di Kota Solo yang sudah berpuluhan tahun, Sangat menggoda bukan ? Buat kalian yang berpergian ke Solo jangan lupa untuk mencicipi Kuliner-Kuliner dari Solo ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membacanya, Untuk mengetahui info yang lebih menarik lainnya jangan lupa ikuti terus Iniwisata.

Simak Juga Vidio "7 Kuliner Malam Yang Berada Di Bandung"



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Kuliner Legendaris Di Solo Yang Sudah Terkenal Puluhan Tahun"

Posting Komentar