10 Tempat Wisata Terbaik Yang Ada Di Solo, Jawa Tengah


Wisata Solo - Solo adalah salah satu tujuan destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat kamu berada di Jawa Tengah. Tempat wisata di Solo sangat beragam, mulai dari wisata sejarah, pusat oleh-oleh, hingga wisata alam nan menakjubkan. Mana sajakah tempat wisata di Solo yang bisa dikunjungi. Pastinya pada penasaran kan yuk langsung saja simak berikut dibawah ini Tempat wisata yang ada di Solo.


1. Tugu Lilin



Tugu Lilin didirikan untuk menghargai dan mengenang perjuangan para pemuda Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Selain itu, Tugu Lilin dibangun dalam rangka memperingati 25 tahun Boedi Oetomo dan menyerupai lilin yang menyala. Hal tersebut melambangkan semangat perjuangan yang tak pernah padam. Tugu Lilin memang sangat cocok untuk latar foto buat kamu yang suka selfie. Lokasi di sekitar destinasi wisata ini cukup sejuk dan asri. Saat berada di area Tugu Lilin jangan lupa nikmati kuliner yang unik dan lezat yaitu Mie Ayam Pocong.


2. Pura Mangkunegaran


Solo juga memiliki istana menarik lainnya, Namanya adalah Pura Mangkunegaran. Dulunya, istana ini menjadi rumah resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran. Alamatnya ada di Jalan Ronggowarsito. Hingga kini, Pura Mangkunegaran sering menjadi pusat budaya maupun seni. Di dalam istana ini juga terdapat beberapa peninggalan kerajaan Mataram dan Majapahit. Harga tiketnya mulai Rp10.000 saja dan buka setiap hari mulai jam 08:00 – 17:00 WIB.


3. Museum Batik Danar Hadi



Museum tidak hanya identik dengan benda bersejarah saja, di sisi lain museum juga bisa menjadi pembelajaran budaya bangsa. Salah satunya adalah budaya batik khas Solo yang bisa kamu dapatkan di Museum Danar Hadi. Lokasinya ada di Jalan Brigjend Slamet Riyadi No.261, Srwiwedari, Solo. Nama Danar Hadi sendiri adalah perusahaan batik terkenal di Solo yaitu Batik Danar Hadi.

Bangunan museum berada di kompleks bangunan kuno dan cagar budaya Kota Solo, Ndalem Wuryaningratan. Museum Danar Hadi menyimpan koleksi batik sekitar 10.000 buah. Batik di sini memiliki motif beragam yang berdasarkan budaya, lingkungan hingga masa pembuatan batik. Pada bagian belakang museum kamu bisa menyaksikan pabrik batik tulis maupun pabrik cap. Kamu pun bisa menyaksikan langsung pembuatan batik di Solo ini.


4. Pasar Malam Ngarsopuro


Tempat wisata di Solo tidak hanya buka pada pagi dan siang hari saja. Beberaa tempat justru mulai buka pada malam hari. Contohnya saja seperti Pasar Malam Ngarsopura, mulai pukul 16:00 – 23:00 WIB. Lokasinya berada di Jalan Diponegoro, Keprabon, Banjarsari, Solo. Di sini, ada beraneka ragam produk khas Solo yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Mulai dari suvenir hingga kuliner. Kamu pun tak perlu khawatir, karena lokasinya sudah tertata rapi. Bahkan disebut-sebut tempat ini mirip dengan Orchied Road yang ada di Singapura. Harga tiketnya sendiri saat weekdays adalah Rp80.000 dan Rp100.000 saat weekend.


5. Taman Balekambang


Taman Balekambang dibangun pada tahun 1921 oleh Mangkunegoro VII. Taman ini punya banyak pohon rindang. Sehingga kamu bisa betah berlama-lama di sini karena suasananya yang asri dan sejuk. Bahkan ada beberapa pohon yang telah berusia ratusan tahun dan masih berdiri tegak di taman ini.

Kamu juga dapat sekadar bersantai di bangku taman untuk mengobrol santai dan menikmati semilirnya angin. Hiburan lainnya adalah kamu bisa memberi makan hewan-hewan jinak yang sengaja dilepaskan pengelola seperti rusa, ayam hias dan sebagainya. Taman yang berlokasi di Jalan Balekambang No.1, Manahan, Surakarta ini beroperasi pada pukul 06:00 – 17:00 WIB.


6. Monumen Banjarsari


Hampir di setiap kota di Indonesia memiliki kisah di masa era perjuangan mencapai kemerdekaan. Begitu pula di kota Solo yang dikenal dengan Serangan Empat Hari di tanggal 7-10 Agustus 1949. Untuk mengenang perjuangan tersebut dan para pahlawan yang gugur di pertempuran empat hari, maka didirikanlah Monumen 45 Banjarsari.

Sebagai tempat wisata di Solo yang murah meriah, Monumen 45 Banjarsari memiliki daya tarik yang edukatif. Terlebih bagi generasi penerus bangsa Indonesia untuk menghargai jasa para pahlawan. Di akhir pekan, banyak digunakan oleh masyarakat untuk berolahraga. Karena memang tempat ini memiliki area yang sejuk sebagai hutan kota dan dilengkapi air mancur hingga jalur pedestrian untuk berjalan santai.


7. Edupark Intan Pari


Taman Edupark Intan Pari atau dikenal dengan Dirgantara Edupark. Daya tarik taman wisata ini adalah keberadaan pesawat jenis Boeing 737-300 asli. Selain itu, juga ada helikopter Bolco yang dapat kamu telusuri. Jika kamu ingin berenang pun tak perlu khawatir, sebab di sini juga ada kolam renang mulai anak-anak hingga orang dewasa.Untuk menelusuri wahana pesawat, kamu perlu membayar sebesar Rp5.000 saja. Sedangkan untuk dapat berenang di kolam, kamu juga perlu merogoh kocek Rp7.000.

Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Gatot Subroto. Tepatnya di Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari pusat kota Solo. Selain menjadi destinasi wisata keluarga di sini juga menjadi tempat edukasi bagi anak-anak.


8. Air Terjun Jumog


Wisata air alam selanjutnya adalah Air Terjun Jumog. Suasana alam yang masih asri dan natural bisa kamu rasakan di sini. Dari pusat kota Solo, jarak ke Air Terjun Jumog sekitar 40 kilometer saja. Lokasi wisata ini memiliki jalan yang terjal dan bebatuan. Namun, semuanya akan terbayar lunas ketika sampai di sini. Untuk masuk ke air terjun ini tidak sampai merogoh kocek dalam-dalam. Sebab, kamu hanya memerlukan biaya sekitar Rp5.000 saja per orangnya. Saat sampai di sini, kamu bisa menikmati kesegaran air terjun ini dari dekat.


9. Grojogan Sewu


Grojogan Sewu berada sekitar 37 kilometer bila kamu berangkat dari pusat kota Solo. Tepatnya di Tawangmangu. Lokasinya juga ada di sisi barat Gunung Lawu. Bahkan Grojogan Sewu disebut-sebut sebagai air terjun tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Dalam mencapai lokasi air terjun tersebut, kamu harus mendaki kurang lebih seribu anak tangga.

Ada mitos yang berkembang di tempat ini, yakni kamu tidak boleh datang bersama pasangan jika tak ingin putus. Untuk bisa masuk ke lokasi wisata Grojogan Sewu kamu harus merogoh kocek sebesar Rp20.000 saja per orangnya.


10. The Heritage Palace


Terakhir, tempat wisata di Solo yang layak kamu kunjungi adalah The Heritage Palace. Dari pusat kota Solo hanya berjarak sekitar 10 kilometer saja. Dulunya tempat wisata ini adalah Parik Gula Gembongan. Namun, setelah tidak lagi menjadi pabrik gula tempat ini pun disulap jadi destinasi wisata menarik.

Ada banyak wahana yang bisa kamu coba di sini ShopBackers. Mulai menjelajahi museum 3D, Omah Walik dan lainnya. Di sini juga terdapat banyak spot foto menarik yang bisa kamu jadikan background seru saat berkumpul bersama keluarga. Jam operasional tempat wisata di Solo ini adalah mulai pukul 09:00 – 18:00 WIB dengan tiket mulai Rp50.000-an.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata yang layak untuk dikunjungi saat liburan di Solo. Semoga menyenangkan ketika kamu liburan di Solo ini ya, Dan jangan lupa untuk ikuti terus Iniwisata untuk bisa mendapatkan info yang lebih menarik lainnya.

Simak Juga Vidio "Kota Manado Wisata Alam Di Ujung Sulawesi"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tempat Wisata Terbaik Yang Ada Di Solo, Jawa Tengah"

Posting Komentar