13 Makanan Khas Dari Berbagai Daerah Di Indonesia


Kuliner Indonesia - Bagi kalian yang suka jalan -jalan pastinya kurang afdol kalau kalian gak nyobain makanan khas daerah di tempat yang kalian kunjungi, Dari banyaknya parawisata yang sering jalan-jalan ada beberapa yang belum tau mengenal ataaupun mencoba makanan khas dari tempat yang telah di kunjungi. Maka dari itu saya akan share sedikit pengetahuan tentang makanan khas yang nantinya bisa kalian coba kalau sedang berkunjung ke tempat wisata di seluruh indonesia. Berikut ini makanan atau masakan Khas dari berbagai daerah di Indonesia.


1. MIE ACEH




Mie Aceh yang sudah sangat jelas berasal dari daerah Aceh. Mie ini salah satu makanan khas daerah Aceh yang juga merupakan makanan khas Indonesia. Bahan dasar makanan ini adalah berasal dari mie kuning tebal dengan diirisi daging sapi, daging kambing ataupun makanan laut seperti udang dan cumi-cumi yang disajikan dalam bentuk sup dengan kuah sejenis kari yang gurih serta pedas.


2. BIKA AMBON




Bika Ambon adalah makanan khas Indonesia dari daerah Medan, Sumatera Utara. Bika ini terbuat dari berbagai bahan seperti telur, gula serta santan yang umumnya beraroma pandan wangi. Bika Ambon ini menjadi salah satu makanan favorit daerah Medan.


3. RENDANG PADANG


Rendang atau dalam bahasa Minangnya lebih dikenal dengan Randang makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Padang, Sumatera Barat. Rendang ini merupakan salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan dasarnya. Rendang ini biasanya mempunyai kandungan bumbu repah-rempah yang sangat banyak.


4. GULAI IKAN PATIN


Gulai ikan patin adalah masakan khas Jambi Indonesia,Makanan khas Jambi ini dimasak dengan menggunakan tempoyak, Yaitu daging buah durian yang sudah difermentasi, Namun ada juga banyak orang yang memasak Gulai Ikan Patin yang mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang sangat menyengat.


5. GULAI BELACAN 


Gulai Belacan adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Riau. Gulai ini seperti namanya terbuat dari bahan dasar Belacan yaitu masakan dengan bahan dasar kuah yang dicampur dengan terasi. Biasanya bahan dari Gulai Belacan yang lain adalah berupa daging ataupun dari udang dan ikan.


6. EMPEK-EMPEK


Empek-empek atau sering dinamakan dengan sebutan pempek merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Makanan khas ini umumnya terbuat dari ikan dan sagu. Namun makanan ini tidak hanya terdapat di daerah Palembang saja akan tetapi sudah banyak masyarakat Sumatera Selatan yang memproduksinya.



7. SERUIT


Seruit merupakan salah satu makanan khas Indonesia dari daerah Lampung. Makanan ini terbuat dari ikan yang digoreng ataupun dibakar dengan dicampur terasi, tempoyak atau olahan durian yang sudah difermentasi serta manga. Jenis ikan yang digunakan sebagai dasar pembuatan makanan ini biasanya adalah ikan yang besar-besar seperti belide, baung, layis dan lain-lain. Makanan ini akan menjadi sangat lezat jika dihidangkan dengan menggunakan lalapan seperi tomat ataupun mentimun.


8. KERAK TELOR


Makanan khas dari Jakarta yang satu ini sebenarnya merupakan perpaduan dari kuliner Portugis. Kerak telor mudah ditemui di Jakarta terutama pada saat diadakannya  Pekan Raya Jakarta bahkan kerak telor acap kali dijadikan simbol kuliner klasik budaya Betawi.


9. GUDEG


Gudeg merupakan kuliner yang tidak bisa dipisahkan dengan kota Yogyakarta bahkan sampai-sampai Yogyakarta memiliki julukan sebagai kota Gudeg. Gudeg asli Yogyakarta memiliki rasa yang sangat manis. Gudeg Yogyakarta ini terbuat dari sayur nangka muda bersantan yang biasa dinikmati dengan nasi, ayam kampung, dan telur kecap.


10. AYAM TALIWANG


Ayam Taliwang Kuliner khas Lombok ini merupakan salah satu makanan yang terpopuler di Lombok. Makanan ini disebut dengan Ayam Taliwang. Sudah jelas bahan utamanya adalah Ayam, ayam yang digunakan adalah ayam kampong yang masih muda agar semakin enak. Ayam ini biasanya diolah dan dimasak dengan berbagai pilihan seperti dipanggang/dipakar dan digoreng. Bumbu yang digunakan ayam Taliwang ini sangat lezat yang terletak dari rasanya yang sangat pedas .


11. BUBUR MANADO


Bubur Tinutuan atau biasa disebut dengan Bubur Manado merupakan makanan khas favorit orang Manado, Sulawesi Utara. Tinutuan dalam bahasa Manado berarti campur aduk. Di dalam bubur Manado terdapat sayur-sayuran yang beragam, lauk hewani seperti ikan, dan lauk nabati seperti tahu dan tempe.


12. COTO MAKASSAR


Coto ini memiliki arti yang sama dengan soto, Namun khusus untuk Soto dari Makassar, Orang-prang Makassar biasa mengenalnya dengan sebutan Coto. Coto Makassar memeiliki keunikan sendiri yaitu berupa isi dan bumbunya. isi dari Coto Makassar adalah daging dan Jeroan Sapi, Rasa kacang tanah yang halus yang ada di kuah Coto Makassar.


13. PAPEDA


Makanan Papeda merupakan makanan khas Papua yang berupa bubur sagu khas Papua, Makanan ini biasanya di sajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit, Makanan Khas Papeda ini berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar, Di dalam makanan ini terdapat serat yang banyak, Rendah Kolesterol dan Bernutrisi.

Itulah 13 Makanan khas dari berbagai Daerah yang ada di Indonesia yang kami rangkum, Bagaimana ? Apakah kalian pernah mencicipi salah satu makanan khas di berbagai Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang sedang membacanya dan jangan lupa untuk ikuti terus Iniwisata untuk mengetahui apa-apa saja info yang lebih menarik lainnya.

Simak Juga Vidio "Makanan Khas 34 Provinsi Indonesia"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "13 Makanan Khas Dari Berbagai Daerah Di Indonesia"

Posting Komentar