7 Tempat Wisata Terkenal Yang Berada Di Pekalongan


Wisata Pekalongan - Pekalongan atau juga sering disebut dengan kota batik yang secara administratif terbagi menjadi dua yaitu Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan ini sangat identik dengan Batik bahkan Pekalongan termasuk dalam jaringan kota kreatif UNESCO untuk kategori Craft &Folk Art pada tahun 2014 silam dan memiliki City Branding World's City Of Batik. Nama Pekalongan ternyata berasal dari kata "KALONG" sejenis kelelawar, Bukan karena wilayah ini dihuni banyak kelelawar namun bupati pertama Raden Bahu sering melakukan bertapa Kalong dengan posisi terbalik menyerupai kalong, Ritual ini dilakukan sebelum membuka wilayah ini sebagai tempat pemukiman. Tidak hanya itu saja, Pekalongan juga terdapat banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Wisata Bahari PPNP



Wisata yang pertama adalah Wisata Bahari PNPP (Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan) yang berdekatan dengan pantai pasir kencana yang nantinya disana kamu akan mendapati berbagai macam ikan yang terdapat didalam Aquarium, Taman bunga dan beraneka ragam pohon yang dilengkapi dengan nama dan deskripsinya, Taman bermain anak seperti ayunan, Puteran, Jungkat-Jungkit dan Prosotan. Dan terdapat juga ruang Iptek berupa buku hasil penelitian, Alat tangkap ikan dan miniatur kapal lalu terdapat juga gardu pandang bawah, Gazebo, Area pemancingan dan banyak lagi.

Lokasi: Jl. W.R. Supratman, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Jawa Tengah


2. Bukit Watu Ireng


Yang kedua adalah bukit watu ireng bukit dengan luas 2 Hektar ini terdiri dari batu tunggal yang sangat keras berwarna hitam. Uniknya lagi, pada beberapa bagian di atas bukit yang ditumbuhi semak belukar ketika diinjak dengan kaki yang menghentak akan menimbulkan bunyi “dung-dung” seperti gong. Ada banyak cerita dan mitos yang beredar tentang keberadaan Watu Ireng ini. Katanya di puncak bukit terdapat celah atau mulut goa yang menghubungkan dengan dasar bukit. Dimana pada bagian dalam goa terdapat seperangkat gamelan dan beberapa pusaka kuno. Pada malam tertentu, puncak bukit Watu Ireng juga sering digunakan untuk bermeditasi.

Lokasi: Desa Lambur, Kandang Serang, Pekalongan, Jawa Tengah.


3. Mangrove Park Pekalongan



Taman wisata mangrove ini sangat rekomended untuk spot fotografi yang menawan dengan lingkungannya yang menghijau. Apalagi ada spot unik berupa “lorong cinta” yang tak lain adalah deretan pohon bakau rimbun hingga menyerupai lorong. Di sana, kamu bisa berkeliling menikmati keindahan alam dengan menggunakan banana boat. Di lokasi ini tersedia fasilitas yang cukup lengkap sehingga kamu bisa berwisata sekaligus belajar dan menambah pengetahuan.

Lokasi: Desa Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.


4. Museum Batik Pekalongan


Terdapat sekitar 1.149 koleksi batik yang ada di museum ini. Mulai dari wayang beber yang terbuat dari kain batik dengan usia mencapai ratusan tahun, hingga alat tenun bukan mesin atau alat tenun tradisional. Koleksi batik yang ada di museum ini bukan hanya berasal dari Jawa Tengah saja tetapi juga dari wilayah Jawa lainnya, bahkan dari berbagai wilayah di nusantara. Di objek wisata ini, kamu tidak hanya akan mendapati keunikan dan keindahan kain batik yang khas dengan coraknya yang sangat beragam, tetapi juga berkesempatan untuk belajar membatik. Karena museum ini juga berfungsi sebagai pusat pelatihan membatik dan pusat pembelajaran batik.

Lokasi: Jl. Jetayu No 1, Pekalongan, Jawa Tengah.


5. Kedung Sipingit


Kedung Sipingit atau juga dikenal dengan sebutan Blcak Kanyon bisa jadi tempat liburan alternatif bagi kamu yang suka dengan suasana adventure. Lokasi kedung yang diapit dengan tebing besar bisa kamu susuri dengan aliran sungai yang cukup deras berwarna hijau kebiruan, cocok bagi kamu yang ingin memacu adrenalin. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini. Seperti berenang, trekking, body rafting, river tubing hingga memancing. Karena lokasi ini masih tersembunyi, kamu memerluka guide untuk menyusuri hilir sungai. Selain guide tersebut menjamin keamanan dan kenyamanan, kamu akan mendapatkan dokumentasi foto maupun video sepanjang perjalanan yang kamu lakukan.

Lokasi: Desa Kayu Puring, Petungkriyono, Pekalongan, Jawa Tengah.


6. Puncak Tugu Petungkriyono



Wisata yang ke enam adalah destinasi alam yang cocok dijadikan tempat hunting foto di Pekalongan, yaitu Puncak Tugu Petungkriono. Salah satu puncak yang ada di Pegunungan Kandeng. Puncak ini diberi nama Puncak Tugu Petungkriyono karena terdapat Tugu Trianggulasi Peninggalan Belanda abad ke-18 dengan hiasan batu berwarna 40 x 40 cm dengan tinggi berkisar 70cm. Di ketinggian 2.117 Mdpl, kamu akan dimanjakan dengan panorama eksotis daerah sekitar dengan beberapa bukit di sekililingnnya. Di sebelah selatan kamu akan mendapati sebagian wilayah Banjarnegara dan di sebelah utara kamu akan mendapati kota Batang dan Pekalongan. Saat malam hari, gemerlap lampu akan tampak cantik bila memanfaatkan beberapa gardu pandang yang telah di sediakan. Tempat ini cocok bagi kamu yang mencari suasana romantis.

Lokasi: Tlogohendro, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah.


7. Bukit Bintang Kutorojo


Di Yogya ada bukit bintang Wonosari maka di Pekalongan ada bukit Bintang Kutorojo. Sebuah tempat yang cocok dijadikan untuk menikmati nuansa malam ditemani dengan kerlap gemintang lampu kota. Meskipun tempat ini masih baru dan belum banyak diketahui oleh wisatawan, kamu bisa menjadikan lokasi ini sebagai tempat nongkrong alternatif di Pekalongan.

Lokasi: Unnamed Road, Kutorojo, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah

Demikian itulah 7 tempat wisata yang berada di Pekalongan, Jawa Tengah. Buat kamu yang jalan-jalan ke Pekalongan jangan lupa untuk singgah di salah satu tempat wisata yang ada di Pekalongan ini dan jangan sampai terlewatkan. Dan jangan lupa ikuti terus Iniwisata untuk mendapatkan info-info yang lebih menarik lainnya setiap hari.

Simka Juga Vidio "10 Tempat Wisata Di Bondowoso Terpopuler"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tempat Wisata Terkenal Yang Berada Di Pekalongan"

Posting Komentar