6 Wisata Alam Di Kepulauan Bangka Belitung


Wisata Bangka Belitung - Bangka Belitung merupakan salah satu kepulauan di Indonesia yang menyimpan ribuan objek wisata dengan keindahan alamnya. Selain Pulau Bangka dan Belitung, masih terdapat ratusan pulau-pulau kecil dan sebagian berpenghuni di sekitarnya. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah sebagai destinasi wisata dan kerukunan antar etnis. Buat kamu yang mempunyai rencana menghabiskan waktu liburan kamu di Pulau Bangka berikut ini kami beberapa wisata di Bangka yang bisa kamu jadikan referensi untuk dikunjungi.


1. Pulau Lengkuas



Pulau Lengkuas terletak di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882. Hingga saat ini, mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk Pulau Belitung. Pulau ini memiliki batu granit, pasir putih dan air laut yang jernih. Pulau kecil yang bisa dikelilingi dalam waktu 20 menit ini, dapat didatangi dengan perahu sewaan dari Tanjung Binga maupun Tanjung Kelayang. Selain itu, pulau ini juga menjadi tujuan para wisatawan untuk snorkeling dan menyelam.


2. Bangka Botanical Garden



Di tengah lingkungan Bangka yang banyak meninggalkan bekas penggalian timah, tentu saja memberikan luka tersendiri terhadap lingkungan alam di sekitarnya. Nah, dengan adanya Bangka Botanical Garden (BBC), seolah menjadi penyejuk di tengah kerusakan lingkungan akibat galian tambang timah. Terletak di daerah Ketapang, Kecamatan Air Itam, Kota Pangkal Pinang, BBC ini memiliki luas lahan yang cukup besar, yaitu 300 hektar. BBG menjadi salah satu ikon agrowisata di Pulau Bangka yang wajib dikunjungi. Pasalnya, di sini kamu bisa menikmati hutan pinus yang cantik di tengah panasnya Bangka.


3. Pulau Leebong





Pulau Leebong merupakan pulau kecil seluas sekitar 37 ha yang terletak di Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung. Pulau ini merupakan salah satu daya tarik wisata yang dikelola di Bumi Laskar Pelangi. Pulau ini berjarak sekitar 3 Km dari pesisir Pulau Belitung, dan dapat dicapai dalam 20 menit dengan perahu motor dari Pelabuhan Tanjung Ru di Pegantungan. Jarak dari Tanjung pandan, ibukota Kabupaten Belitung, ke Pelabuhan Tanjung Ru ini sekitar 40 Km, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit dengan kendaraan bermotor.

Pesisir Pulau Leebong menawarkan keindahan hutan mangrove dan pasir putih. Pulau ini juga menjadi habitat beraneka ragam burung yang tinggal di hutan. Dari pulau ini, orang juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah sambil duduk-duduk di atas jetty yang panjangnya sekitar 300 meter. Di Pulau Leebong, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, menyelam dan snorkeling di perairan pulau, mengayuh Kayak, wind surfing, bermain stand up paddle board. Pengunjung pulau juga dapat bersepeda, menjelajah atau melakukan olah raga di pantai.


4. Tanjung Binga


Desa Tanjung Binga terletak di Kecamatan Sijuk, wilayah Belitung, sekitar 22 kilometer dari Tanjung Pandan. Desa ini tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan menjadi salah satu titik pemberhentian tahunan Yacht Rally Sail Indonesia. Desa Tanjung Binga menjadi salah satu objek wisata di Pulau Belitung yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Sebagian penduduk desa wisata ini berprofesi sebagai nelayan, sehingga disini wisatawan bisa menyaksikan berbagai aktivitas para nelayan. Pantai Tanjung Binga memiliki perairan yang jernih, ombak yang tenang, dan dasar laut yang indah. Daerah pesisir Pantai Tanjung Binga banyak dihiasi kapal nelayan. Tak jauh dari pantai ini terdapat pulau kecil seperti Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, dan Pulau Pasir.


5. Danau Keolin


Danau Kaolin bisa dibilang adalah danau paling terkenal di Bangka. Danau Kaolin tercipta akibat penggalian tambang timah. Nah, setelah kandungan timahnya habis, danau ini merefleksikan warna langit biru yang sangat indah. Selain danau yang berwarna biru, ada juga danau berwarna hijau yang menambah daya tarik Danau Kaolin Air Bara ini. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam di Danau Kaolin ini adalah saat sore hari. Kamu bisa menunggu matahari terbenam sambil berfoto untuk menikmati pemandangan yang memukau.

Danau Kaolin ini terletak di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Selatan. Berjarak 50 km dari Pangkalpinang dan memerlukan waktu kira-kira satu jam. Tempat wisata di Bangka ini sangat mudah sekali untuk dikunjungi. Beberapa meter sebelum masuk pemukiman Desa Air Bara, beloklah ke barat pada perempatan Simpang Bemban.


6. Pantai Dinding Batu Belinyu


Tempat wisata di Bangka dengan nuansa alamnya yang memukau bisa kamu nikmati di Pantai Dinding Batu Belinyu. Pantai yang terletak di Kecamatan Belinyu ini wajib banget kamu kunjungi karena kamu bisa menjumpai batu granit yang sangat besar dengan tegaknya. Batu di pantai ini memiliki ukuran yang bikin terkesima yaitu 20x15 meter dengan ketebalan sekitar 5 meter. Di bagian depan batu dinding, kamu akan menjumpai batu paru yang dimana memang batu ini mirip dengan ikan pari. Selain itu ada juga batu kodok yang terletak di sisi samping batu dinding.

Itu dia 6 tempat wisata yang ada di Bangka Belitung yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk liburan kamu dan jangan lupa ikuti terus Iniwisata yang setiap harinya membagikan info menarik tentang wisata yang ada di Indonesia.

Simak Juga Vidio "10 Tempat Wisata di Karawang Paling Popular"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Wisata Alam Di Kepulauan Bangka Belitung"

Posting Komentar