7 Makanan Khas Kota Palu Sulawesi Tengah


Makanan Khas Kota Palu - Palu merupkan salah satu kota besar yang berada di Pulau Sulawesi, sekaligus menjadi ibukota bagi provinsi Sulawesi Tengah. Palu banyak menyajikan beraneka macam wisata yang menakjubkan bagi para wisatawan. Mulai dari wisata alamnya yang mempesona, hingga wisata kuliner yang dijamin akan membuat perut kamu keroncongan. Walaupun Palu bukan primadona tujuan wisata yang populer, tapi tidak ada salahnya untuk singgah ke kota ini jika kamu berada di Pulau Sulawesi.

Makanan khas Palu tidak hanya berasal dari Palu, namun perpaduan dari satu provinsi yaitu budaya dari seluruh penjuru Sulawesi Tengah bercampur dan menjadikan suatu cita rasa yang khas dan istimewa. Jadi, siapkan ingatan kamu untuk membuat daftar makanan khas Palu yang sangat wajib untuk dicicipi. Nah pasti kamu sudah penasaran kan Makanan khas yang ada di Palu ? Kalau begitu langsung saja simak berikut Makanan khas yang ada di Palu, Sulawesi Tengah.


1. Lalampa



Lalampa merupakan semacam kue yang berbentuk mirip lemper atau lontong, namun ukuran dan bentuknya lebih panjang dan ramping. Bahan utama yang digunakan untuk membuat Lalampa adalah beras ketan putih, santan, dan ikan bakar yang digiling halus bersama bumbu tertentu sebagai isian-nya. Proses pengolahan Lalampa yakni dengan pembakaran diatas arang, dan juga dibungkus menggunakan daun pisang yang ujungnya ditusuk menggunakan lidi, sekilas mirip dengan lemper. Lalampa memiliki citarasa yang gurih dan sedikit pedas dengan harga mulai dari Rp. 1.500/satuan.


2. Duo Sale


Duo sale ini merupakan sebuah makanan khas kota Palu berupa sambal, di wilayah Indonesia sendiri tidak banyak yang mempunyai sambal khas. Duo sale ini dibuat menggunakan ikan teri yang dijadikan sebagai bahan utamanya. Sambal ini mempunyai rasa yang pedas dan ada manis-manisnya. Kalau kalian makan sambal ini dijamin akan membuat selera makan kalian meningkat.


3. Kerak Sagu


Mungkin kalian mengira makanan ini adalah kerak telor. Makanan ini bernama kerak sagu memang terlihat hampir mirip dengan kerak telor khas Betawi. Tapi bahan pembuatan kerak sagu ini berbeda. Kerak sagu ini dibuat menggunakan sagu dan juga parutan kelapa sebagai bahan utamanya. Untuk proses pembuatannya hampir sama dengan kerak telor khas Betawi. Pembuatan kerak sagu ini dengan cara dimasukkan ke dalam sebuat cetakan hingga matang. Dan biasanya kerak sagu juga ditambahkan telor ayam ataupun bebek.


4. Bawang Goreng


Bawang goreng khas Palu ini termasuk ke dalam salah satu makanan paling favorit loh, Makanan khas Palu ini juga bisa kalian jadikan sebagai oleh-oleh. Bawang goreng palu ini memiliki rasa yang lebih gurih dan renyah. Yang paling menonjol dari bawang goreng ini adalah bawang ini mempunyai wangi yang tajam.


5. Kaledo


Kaledo adalah singkatan dari Kaki Lembu Donggala, Pembuatan-nya dilakukan dengan perebusan yang lama sehingga tekstur dagingnya empuk. Kuah-nya terbuat dari kaldu sup dan tidak menggunakan santan sehingga cukup segar. Bumbu yang digunakan juga cukup sederhana yaitu garam, asam, dan cabai segar. Salah satu yang membuatnya unik juga adalah penggunaan sedotan untuk menikmati sumsum tulang dan penggunaan tambahan singkong atau ubi rebus. Dulunya Kaledo adalah sajian kehormatan bangsawan, namun saat ini bisa dinikmati siapa saja dengan harga mulai dari Rp. 25.000/porsi.


6. Kapurung


Kapurung adalah sajian khas Sulawesi Tengah, khususnya Palu, Kapurung terbagi menjadi tiga variasi berdasarkan lauk-nya yaitu Kapurung ikan palumara, Kapurung ayam, dan Kapurung udang. Kapurung sendiri adalah sajian yang terdiri dari sayuran yang direbus, utamanya yakni cacahan jantung pisang, dan sayuran lain seperti bayam, kangkung, pakis, kacang panjang dan sebagainya. Selain itu Kapurung juga biasa dinikmati bersama dengan sagu dan cacahan ikan, ayam, atau udang dengan kuah asam. Kapurung bercita-rasa segar dan lezat dengan haraga mulai dari Rp. 20.000/porsi.


7. Onyop


Onyop adalah bubur sagu, atau bisa dikatakan sebagai Papeda khas masyarakat Sulawesi Tengah dan Palu. Onyop juga terkenal sebagai makanan khas Suku Saluan. Berbeda dari Papeda, Onyop disajikan bersama ikan menyegarkan bersama kuah asam yang enak. Kuah asamnya begitu khas, berasal dari perasan air jeruk lemon dan belimbing asam. Selain itu perbedaan Onyop dengan Papeda yang lain terletak dalam fungsi hidangannya, jika Papeda biasa disajikan sebagai makanan pokok, Onyop biasa disajikan sebagai makanan pendamping.

Itulah 7 Makanan khas Palu, Sulawesi Tengah yang wajib kamu buat kamu ketagihan jadi jangan lupa untuk menyicipi salah satu makanan khas Palu kalau kamu berpergian ke Kota Palu ya.

Simak juga Vidio "BERBURU KULINER MALAM KOTA PADANG I Permindo Night Market"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Khas Kota Palu Sulawesi Tengah"

Posting Komentar