Tempat Wisata Yang Berada Di Kediri Paling Populer


Wisata Kediri - Kediri merupakan salah satu kota yang perlu disinggahi jika kamu ingin berwisata dan menjelajahi kota-kota di Jawa Timur. Meskipun hanya memiliki luas wilayah sebesar 63,4 kilometer persegi, kota dengan julukan “Kota Tahu” ini memiliki banyak tempat wisata dan atraksi yang layak dikunjungi. Kediri adalah kota yang menawarkan keragaman budaya. Adanya rumah-rumah ibadah dari agama-agama yang berbeda dan tempat-tempat peninggalan zaman kerajaan mencerminkan keragaman tersebut. Kediri juga menawarkan ragam kuliner yang siap memanjakan lidah kamu. Selain itu, keindahan bentang alamnya juga memberikan warna tersendiri bagi kota ini. Berikut ini adalah daftar tempat wisata di Kediri yang harus kamu kunjungi.


1. Candi Surowono


Candi Surowono merupakan salah satu peninggalan kerajaan tersebut dan candi ini memiliki ukuran 8×8 meter. Candi ini sendiri menurut informasi telah ada dan di bangun sejak tahun 1400 masehi. Bangunan ini secara langsung menjadi catatan sejarah perjalanan panjang bangsa kita. Konon katanya pada bangunan ini terapat sebuah lorong yang menghubungkan langsung ke pusat kerajaan kala itu.


2. Klenteng Tjoe Hwie Kiong


Tempat wisata di Kediri lainnya yang jangan sampai dilewatkan adalah Kelenteng Tjoe Hwie Kiong. Dibangun pada tahun 1895, Kelenteng ini merupakan peninggalan orang-orang Tionghoa yang datang ke Kediri untuk mencari peruntungan. Berlokasi di jalan Yos Sudarso, kelenteng ini akan menyambut kamu dengan gerbang megah berwarna merah yang tampak kontras dengan bangunan-bangunan di sekitarnya.

Di dalam bangunan utama kelenteng, terdapat altar Tri Nabi Agung untuk penganut agama Tao, Buddha, dan Konghucu. Di halaman depan kelenteng, berdiri patung burung Hong dan patung naga yang menjadi penjaga kompleks kelenteng Tjoe Hwi Kiong. Sementara itu, halaman belakang kelenteng dipercantik dengan kolam ikan yang berisi puluhan ikan Koi warna-warni.


3. Gunung Klotok


Gunung Klotok adalah gunung yang tercipta dari tumpukan ikan asin. Akan tetapi nama klotok sendiri merupakan sebuah kepanjangan dari Kolo + Tok. Memiliki arti dalam bahasa Jawa Kuno yang berarti gunung yang berbahaya hal tersebut berasal dari para orang tua yang di turunkan kepada keturunannya saat ini.

Namun sebagai pendatang yang ingin mengunjungi dan mengerti tempat ini tidak ada salahnya kamu untuk mengunjungi. Tetap jaga norma kesopanan dan patuhi semua peraturan yang berlaku pada tempat tersebut. Pada puncak gunung ini kamu akan melihat hamparan pesawahan dan pedesaan di kaki gunung tersebut.


4. Taman Wisata Pagora


Taman Wisata Pagora ini memiliki dua kolam renang, satu kolam dewasa dan satu kolam anak. Kolam renang dewasa di kawasan ini sudah memiliki standar nasional. Bagi kamu yang tidak ingin berbasah-basahan, terdapat wahana lain seperti komidi putar, kereta kelinci, kebun binatang mini, perahu bebek, dan kolam pancing. Selain itu, terdapat pula arena outbound bagi kamu yang menginginkan aktivitas yang lebih berat. Kolam renang di Taman Wisata Pagora diisi oleh air yang berasal dari sumber mata air asli sehingga tidak mengandung kaporit dan, tentunya, menyegarkan. Tiket masuknya pun cukup terjangkau, yaitu tujuh ribu lima ratus rupiah untuk dewasa dan lima ribu rupiah untuk anak-anak.


5. Goa Selomangleng


Tempat ini mejadi salah satu tempat yang cukup melegenda bagi sebagian besar rakyat Kediri. Pada tempat ini putri raja Kediri yaitu Raja Erlangga menolak menerima tahta yang di berikan kepadanya. Dan memilih mengasingkan diri dan bertapa menuju goa ini. Bisa dikatakan Goa ini masih dalam keadaan yang terawat pada seperti pada masa itu karena masih minim penerangan. Serta terdapat beberapa hiasan relief yang sengaja dikukir untuk menceritakan dan menurunkan cerita tersebut pada generasi selanjutnya. Banyak makna dan pelajaran dari kisah yang ada pada goa ini yang nantinya bisa kamu dapatkan.


6. Air Terjun Dolo


Objek Wisata di Kediri berikutnya adalah Air Terjun Dolo yang berada pada ketinggihan lebih dari 1500 mdpl. Mengingat air terjun ini berada pada bagian dari Gunung Wilis. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian hingga 125 meter menjulang dari sumber air yang jatuh ke tanah.

Bisa dikatakan air terjun ini cukup tinggi semakin tinggi tempat air menuju tanah semakin banyak pula embun dan butiran air yang di hasilkan akibat efek jatuhnya air. Ketika kamu ingin menikmati air yang menerpa tubuh kamu ketika mengunjungi tempat ini. Kamu tidak perlu mendekatkan diri ke tempat air kamu pasti akan langsung merasakan air tersebut menerpa kamu.


7. Alun-Alun Kediri


Hampir di setiap kota memiliki sebuah taman pusat kota yang biasa di sebut dengan alun-alun. Begitu juga dengan kota Kediri memiliki alun-alun yang tidak kalah menarik dan dapat kamu kunjungi nantinya. Alau-alun kota Kediri ini telah mengalami beberapa pemugaran yang tentunya semakin baik setiap waktunya. Kamu bisa menikmati berbagai kuliner yang telah disediakan untuk kamu nikmati dan telah disediakan di sekitar alun-alun. Juga terdapat beberapa falitas yang dapat kamu gunakan untuk sekedar beristirahat dan menikmati pemandangan yang di suguhkan. Tidak usah berpikir lagi datang dan buktikan keindahannya.



Jadi itulah 7 tempat Wisata yang ada di kediri yang sampai sekarang masih ramai dikunjungi para wisatawan, Jika kamu mempunyai rencana ke Kediri jangan lupa untuk mampir ke salajh satu wisata yang ada di Kediri ya, Dijamin buat hari kamu menyenangkan. Dan jangan lupa untuk ikuti terus Iniwisata untuk mendapatkan info yang lebih menarik lainnya.

Simak Juga Vidio "12 Wisata Kota Kudus Paling Indah Untuk Di Kunjungi"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tempat Wisata Yang Berada Di Kediri Paling Populer"

Posting Komentar