5 Makanan Khas Lamongan, Jawa Timur


Makanan Khas Lamongan - Lamongan merupakan nama salah satu daerah di Jawa Timur. Daerah ini sangat terkenal dengan berbagai tempat wisatanya seperti goa Maharani, waduk Gondang, pantai Brondong, monumen kapal Van der Wijck, dan masih banyak lagi. Selain aneka wisatanya, Lamongan ternyata juga mempunyai berbagai makanan khas yang tentunya harus kamu coba saat sedang berkunjung ke Lamongan. Nah, buat kamu yang penasaran, segera simak beberapa Makanan khas Lamongan yang jadi favorit banyak orang.


1. Rawon



Rawon merupakan salah satu menu kuliner khas Kota Lamongan Jawa Timur yang cara memasaknya sama dengan rawon yang ada pada daerah lain, yakni dengan menggunakan kluwak sebagai pemberi warna hitam gelap pada makanan khas yang satu ini. Perbedaan Rawon khas Lamongan dengan rawon di daerah lainnya adalah terletak pada bumbu yang digunakan. Jika memasak rawon pada umumnya tidak menggunakan kunyit, lain halnya dengan rawon khas Lamongan ini yang dimasak justru ditambah dengan kunyit.


2. Jumbrek




Jumbrek merupakan salah satu jajanan tradisional yang dibuat dari bahan dasar tepung beras yang telah dicampur dengan santan kelapa serta gula jawa. Makanan khas ini biasanya disajikan dalam bentuk mirip seperti kerucut dan dibungkus dengan daun siwalan yang kemudian dikukus hingga matang. Cita rasa yang ditawarkan makanan yang satu ini sangatlah unik. Jumbrek memiliki cuta rasa yang manis dan memiliki tekstur lembut sehingga sangat lezat ketika kita meikmati jajanan khas yang satu ini.


3. Tahu Campur


Tidak hanya Surabaya saja yang memiliki makanan khas tahu campur, tapi Lamongan juga punya tahu campur. Letak daerah Lamongan dan Surabaya memang membuat kedua kota ini memiliki masakan khas yang hampir mirip. Tahu campur di Surabaya lebih dikenal dengan sebutan lontong balap sedangkan di Lamongan disebut tahu campur Lamongan. Tahu campur ini terdiri dari lontong, selada air, tauge, daging yang sudah dimasak dengan aneka bumbu, lento yang terbuat dari singkong, serta mie kuning yang disiram dengan kuah kaldu dengan petis udang. 


4. Bandeng Colo


Bandeng colo merupakan sejenis sup ikan khas Lamongan. Bandeng yang sudah dicuci bersih lalu digoreng dengan sambal colo-colo. Dinamakan sambal colo-colo karena pedasnya cabai bercampur dengan asamnya jeruk nipis yang digunakan. Bandeng colo yang sudah digoreng matang disajikan dengan aneka sayuran dan kuah kuning. Buat kamu penyuka pedas, kamu wajib coba bandeng colo khas Lamongan.


5. Wingko Babat


Makanan tradisional yang juga menjadi ciri khas Lamongan adalah wingko babat. Lamongan berbatasan dengan kota Babat yang menjadi pusat pembuatan wingko sehingga dinamakan dengan sebutan wingko babat. Meski dibuat di kota Babat, namun wingko justru lebih banyak dijual di Lamongan sebagai oleh-oleh khas Lamongan. Wingko yang berbentuk bulat terbuat dari ketan, kelapa parut, dan gula yang dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang sehingga warnanya kecokelatan.



Demikian itulah 5 makanan khas Lamongan, Jawa Timur buat kamu yang penasaran gimana sih rasanya, Kamu bisa langsung kunjungi ke Lokasi tersebut.

Simak Juga Vidio "JAJANAN PASAR |JOJORONG MAKANAN KHAS BANTEN"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Makanan Khas Lamongan, Jawa Timur"

Posting Komentar