7 Makanan Khas Berasal Dari Medan, Sumatra Utara


Makanan Khas Medan - Medan merupakan salah satu kota besar di Sumatera selalu berhasil menawarkan keunikan kulinernya. Beragam olahan masakan khas Medan memiliki cita rasa dan kualitas yang tinggi. Di Medan kamu akan merasakan makanan dengan rasa yang beragam, mulai dari gurih-pedas, manis legit, bahkan mungkin rasa yang belum pernah menyentuh lidah kamu sama sekali. Tertarik untuk berkunjung ke Medan dan mencoba makanan khasnya? Simak 22 rekomendasi makanan khas Medan berikut ini


1. Mie Gomak



Mie Gomak sering juga disebut Spaghetti Batak. Makanan bernama Mie Gomak ini tepatnya berasal dari daerah Balige, yang berada di tepi Danau Toba. Beda Mie Gomak dengan mie yang lain adalah ukuran mienya yang besar. Selain dapat dimakan kering, Mie Gomak juga bisa disajikan dengan menambahkan kuah lontong. Jika kamu tidak menyukai kuah, kamu bisa meminta bumbu kacang. Hanya dengan Rp5.000 kamu sudah bisa mendapatkan seporsi Mie Gomak. Untuk mendapatkan Mie Gomak yang spesial, kamu bisa datang langsung ke Kabupaten Toba Samosir tepatnya di pasar Balige, Jalan Sisingamangaraja, Napitupulu Bagasan, Balige.


2. Kari Bihun Tabona


Masih dengan nama Bihun, Medan terkenal dengan kekayaan rempah pada kulinernya. Seperti pada Kari Bihun Tabona yang disajikan dengan kuah kari kental bercitarasa lezat dan beraroma khas bumbu-bumbu rempah. Bumbu kari pada kuah meresap dengan sempurna ke dalam dagingnya. Kamu dapat merasakannya saat menggigit potongan daging dan ketika mengunyah mie bihunnya. Biasanya disediakan juga nasi sebagai pelengkap. Restoran terbaik yang menyajikan masakan ini adalah Tabona Restaurant, yang berada di Jalan Mangkubumi No.17, Kota Medan. Dengan harga mulai dari Rp26.000 per porsi.


3. Soto Kesawan


Terdapat salah satu objek wisata sejarah Medan yang terkenal bernama Tjong A Fie Mansion. Tak jauh dari Tjong A Fie Mansion terdapat Warung Soto Kesawan. Warung yang satu ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Tentunya, menu yang menjadi andalan di sini adalah Soto. Soto Kesawan memiliki kuah yang gurih nan menggiurkan. Sebagai lauknya, kamu bisa memilih antara ayam kampung, daging sapi, paru kering, atau udang. Kamu bisa memilih lebih dari satu lauk. Hangatnya kuah rempah Soto Kesawan sangat pas bila disantap saat sore hari.


4. Soto Medan


Soto Medan, yang mana hampir setiap daerah di Indonesia memiliki masakan soto dengan kekhasan masing-masing, seperti Soto Kudus, Soto Lamongan, Soto Betawi, Soto Banjar, dan lain-lain. Ternyata Medan pun tak mau kalah. Di Medan kamu akan menemukan Soto Medan. Walaupun sama-sama bernama soto, tetapi Soto Medan mempunyai ciri khas rasa yang lebih nendang dibandingkan dengan soto lain.

Dengan kuah santannya yang berwarna kuning kehijauan, kuah Soto Medan sangat terasa rempah jintannya. Isian lauknya pun cukup variatif, mulai dari daging ayam, daging sapi, bahkan juga udang. Sebagai menu pelengkap, Soto Medan lebih cocok dinikmati bersama perkedel kentang dan juga rempeyek. Seporsi Soto Medan dihargai Rp25.000. Di antara penyedia Soto Medan, yang terbaik adalah Rumah Makan Sinar Pagi, di daerah Silalas, Medan Barat.


5. Bakso Lembu


Bakso tentunya sudah menjadi semacam makanan favorit bagi orang Indonesia. Namun yang menarik di Medan. Bakso yang digunakan tidak terbuat dari daging ayam atau sapi. Benar-benar sesuai dengan namanya, bakso di Medan menggunakan daging lembu! Daging lembu diolah bersama rempah-rempah dan tepung sehingga membuat rasanya berbeda dengan bakso pada umumnya.

ShopBackers penasaran dengan rasanya? Kamu harus ke Medan terlebih dahulu untuk mencicipi bakso unik yang satu ini. Di dekat Bandara Polonia atau Pangkalan Udara Soewondo terdapat kedai Bakso Amat Halal yang menjual Bakso Lembu. Di sana, kamu juga bisa mencoba bakso goreng atau sate kerangnya yang cocok untuk menjadi teman makan Bakso Lembu. Cukup dengan Rp15.000 kamu sudah bisa mendapatkan seporsi Bakso Lembu.


6. Rujak Kolam


Rujak tentunya sudah tak asing lagi bagi orang Indonesia, hampir setiap daerah memiliki olahan buah satu ini. Di Medan juga terdapat kuliner rujak yang diberi nama Rujak Kolam. Tambahan nama “kolam” diambil karena pelopor olahan rujak di Medan berjualan di dekat Kolam Deli. Rujak Kolam termasuk street food yang memiliki rasa pedas. Di samping rasa pedas itu, kamu akan tetap mendapatkan sensai segar dari buah-buahan yang dipakainya. Satu porsinya bisa kamu dapatkan cukup dengan Rp18.000.


7. Bika Ambon


Bika Ambon banyak dikira  orang kalau berasal dari Ambon, Maluku. Padahal, makanan ini merupakan salah satu khas dari Kota Medan. Nah, Bika Ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaanya terdapat lubang-lubang kecil. Kamu bisa merasakan nikmatnya Bika Ambon saat masih hangat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Khas Berasal Dari Medan, Sumatra Utara"

Posting Komentar