7 Makanan Khas Dari Palembang Yang Harus Kamu Coba


Makanan Khas Palembang - Disini ini kami akan membawa kamu sedikit jauh ke Pulau Sumatra, tepatnya di daerah Palembang. Siapa yang menyangka jika Palembang menyimpan ragam makanan khas yang menggugah selera? Sajian makanan khas palembang bisa membuat para perantau asli palembang rindu akan kampuang halamannyo. Jika kamu hanya tahu makanan asli palembang adalah pempek, berarti kamu harus membaca ulasan daftar makanan khas palembang berikut ini.


1. Kemplang


Cara membuat makanan khas palembang ini dilakukan dengan cara dibakar. Ada dua jenis kemplang, yaitu kemplang ikan dan kemplang sagu. Tekstur kemplang ikan lebih padat dibandingkan dengan kemplang sagu. Untuk menikmati kemplang biasanya dicocol pada saus merah.


2. Tekwan


Makanan khas palembang yang satu ini tidak kalah enaknya dari pempek. Resep makanan khas palembang ini hampir sama dengan pempek, hanya saja adonan yang hampir sama dengan pempek tadi dibentuk bulatan kecil dan disajikan dengan kaldu udang untuk kuahnya, ditambah daun seledri, taburan daun bawang, bawang goreng, jamur kuping, serta bihun.


3. Pempek


Jika sedang berbicara mengenai palembang, yang pertama kali terbayang adalah pempek sebagai makanan khas kota palembang. Pempek terbuat dari daging ikan dan sagu atau tepung kanji yang biasanya dimodifikasi dengan tambahan, misalnya tahu, telur, udang, dan kulit telur. Pempek biasa disajikan bersama dengan saus cuka atau cuko pempek yang terbuat dari campuran gula merah, cabe rawit, bawang putih, udang ebi dan garam. Jenis pempek pun bermacam-macam, mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek kulit, pempek panggang, dan masih banyak lagi.


4. Mie Celor


Makanan khas dari palembang mie celor disajikan bersama dengan kuah kental diberi tambahan daging, udang, tauge, daun bawang, dan bawang goreng. Mie celor dalam penyajiannya bisa ditambah dengan potongan telur ayam rebus.


5. Kue Lapis Kojo


Makanan ringan khas palembang yang satu ini banyak ditemui di hari raya masyarakat Palembang. Rasanya manis dan berwarna hijau. Dalam pembuatannya, kue lapis kojo banyak memekai telur bebek dan telur ayam.


6. Kue Lumpang 


Makanan khas palembang dan cara membuatnya dengan dikukus ini berwarna hijau biasa disantap dengan taburan kelapa di atasnya. Dinamakan kue lumpang karena terdapat lubang di tengahnnya layaknya lumpang yang ada di dapur. Teksturnya pun empuk dan lembut, rasa manisnya cocok di lidah orang Indonesia pada umumnya.


7. Engkak Ketan


Makanan asli palembang ini berupa kue manis terbuat dari tepung ketan dan santan. Engkak ketan banyak ditemui di setiap rumah warga palembang pada perayaan hari idul fitri.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Khas Dari Palembang Yang Harus Kamu Coba"

Posting Komentar