7 Makanan Khas Jambi Yang Rasanya Sangat Menggoyang Lidah


Makanan Khas Jambi - Jambi merupakan sebuah daerah yang terletak di daerah Pulau Sumatra, Sebagai daerah diwilayah timur pulau Sumatra, Jambi sangat kental dengan adat Melayu, Masyarakat Jambi memang masih satu rumpun dengan melayu hingga wajar jika kebudayaan di Jambi lekat dengan budaya Melayu. Jadi tidak heran jika wilayah dengan ibukota yang dijuluki "Kota Bertuah" ini menyimpan banyak sajian kuliner khas Jambi yang siap menggoyang lidah kamu. Penasaran sama makanan khas Jambi ? Yuk langsung saja simak berikut ini beberapa makanan khas dari Jambi yang sudah kami rangkum


1. Dodol Nanas



Makanan khas Jambi yang populer pertama adalah Dodol Nanas yang juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Buah Nanas memang menjadi komoditi paling unggul dari Jambi, jadi tidak mengherankan kalau Jambi merupakan sentra produksi nanas yang terkenal di Indonesia. Karena nanas begitu mudah didapat, maka warga Jambi berinovasi dengan memproduksi Dodol Nanas.


2. Cumi Cah Kangkung



Jambi merupakan daerah pesisir pantai yang juga memiliki sajian khas laut seperti cumi cah kangkung , Inilah yang jadi andalan warga Jambi yang dimasak dengan cumi segar dan bumbu khas menjadikan cumi cah kangkung salah satu makanan tradisional favorit di Jambi.


3. Otak-Otak



Makanan khas Jambi yang satu ini pastinya kalian sudah tau, Iya benar Otak-Otak yang bisa kalian temukan di seluruh indonesia dari pangsa pasar kaki lima hingga Bintang Lima. Sebagai hidangan melayu makanan tradisional ini tentunya banyak tersedia di Jambi, Jadi buat kalian yang berlibur ke Jambi jangan lupa untuk mencoba Otak-Otak ini.


4. Lempok Durian




Lempok Durian merupakan salah satu kuliner lezat khas Jambi. Sebagai wilayah penghasil buah-buahan, tentunya keberadaan Lempok Durian tidaklah mengagetkan, sebab buah berduri ini memang menjadi primadona masyarakat Indonesia. Diolah menjadi Lempok, varian ini sangatlah terkenal tidak hanya di Jambi, tapi seluruh Indonesia.


5. Kue Srikaya


Meski namanya Kue Srikaya, tapi ternyata kue ini sama sekali tidak mengandung srikaya. Kue Srikaya terbuat dari bahan dasar tape santan dan kemudian diberi warna dengan daun pandan, menghasilkan warna hijau yang mirip srikaya. Soal rasa, perpaduan antara rempah-rempah dan gula memberikan rasa manis yang khas, lezat bagi penikmat kuliner khas Jambi ini.


6. Sup Tulang


Sup Tulang merupakan sajian khas Jambi yang berasal dari tulang daging sapi. Terus apa enaknya makan kuah sama tulang doang? Jangan khawatir, tulang yang dijadikan sup masih ada dagingnya, jadi kamu masih bisa merasakan kelezatan daging sapi yang empuk ditambah kuah lezat yang mengepul panas. Makanan ini tentu saja akan sangat cocok disantap di kala musim hujan. Sup Tulang paling enak dan lezat bisa kamu temukan di banyak tempat di Jambi, salah satunya adalah di Bambang Sop


7. Tempoyak


Tempoyak merupakan makanan yang bisa dijadikan lauk untuk menemani santap nasi putih yang hangat dan mengepul, Makanan khas Jambi ini terbuat dari Durian yang sudah terfermentasi, Cara membuatnya juga mudah kamu hanya butuh daging buah durian dan garam secukupnya. Selanjutnya daging buah durian tersebut disimpan dalam toples kedap udara dengan rapat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Khas Jambi Yang Rasanya Sangat Menggoyang Lidah"

Posting Komentar