7 Makanan Khas Pekalongan Yang Harus Kamu Coba


Makanan Khas Pekalongan - Pekalongan merupakan salah satu kabupaten tujuan tempat wisata di Jawa Tengah yang berlokasi di deretan pantai utara pulau Jawa. Bagi kalian yang sedang berwisata ke Pekalongan, wajib menikmati kuliner khas Pekalongan yang sangat terkenal enaknya. Percampuran budaya di Pekalongan membuat cita rasa masakan khas Pekalongan jadi beraneka rasa dan unik. Pada artikel ini akan membahas Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Dicicipi, Penasaran kan apa saja Makanan khas Pekalongan, Yuk langsung simak saja berikut ini


1. Tauto


Tauto ini sebenarnya sejenis soto namun menggunakan bumbu tauco sebagai bahan penyedap utamanya. Tauco yang digunakan adalah tauco yang berasa manis. Isi masakan khas Pekalongan ini terdiri dari daging, emping dan telur rebus. Makanan ini di sajikan dengan taburan bawang goreng, perasan jeruk nipis dan potongan daun seledri. Tak lupa mie bihun, bawang merah dan kuah soto baru kemudian ditambah kuah tauto, yaitu kedelai yang terlebih dahulu dimasak baru kemudian dihaluskan. Hal inilah yang membuat citarasa soto Tauco khas Pekalongan sangat nikmat.


2. Pindang Tetel


Makanan khas Pekalongan yang wajib kamu coba kelezatannya kali ini adalah pindang tetel. Makanan tradisional Pekalongan ini di dalamnya terdapat tetelan daging sapi serta beraroma wangi dengan adanya irisan daun bawang. Pindang tetel ini dibuat dengan bumbu khas dari kluwak yang dicampur dengan aneka rempah khas Indonesia lainnya. Jika kamu ingin mencoba merasakan pindang tetel ini, kamu bisa dengan mudah menemukannya di Kecamatan Kedungwuni atau jika mau yang lebih asli datang saja ke Desa Ambokembang.


3. Kluban


Kluban merupakan salah satu menu makanan khas yang terbuat dari kol, kacang panjang, sayur bayam, tauge, dan kangkung. Bisa dibilang makanan ini sangat mirip dengan urap dengan bumbu kelapa parutnya.


4. Sate Hayam Wuruk


Makanan ini dinamakan demikian karena warung-warung yang menjual sate ini berada di jalan hayam wuruk. Makanan khas Pekalongan memiliki siklus penjualan sate yang berbeda, penjualnya sejak pagi sudah mulai berjualan sate. Dan penjualnya bukan hanya satu atau dua yang ada di jalan Hayam Wuruk Pekalongan, tapi sangat banyak.


5. Minuman Kopi Tahlil


Kopi Tahlil adalah kopi yang dibuat dengan seduhan rempah, seperti jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pandan, serai, dan pala. Rasanya yang mampu menghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin. Salah satu tempat menjual kopi ini yang paling ramai didatangi, bukanlah di kafe-kafe, melainkan warung lesehan di atas tikar, di tepi jalan Dr. Sutomo.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Khas Pekalongan Yang Harus Kamu Coba"

Posting Komentar