5 Kuliner Khas Di Berau, Kalimantan Timur


Kuliner Berau - Kabupaten Berau tidak hanya kaya dengan potensi pariwisata alam, sejarah dan budaya. Namun di Bumi Batiwakkal ini juga terdapat banyak ragam makanan tradisional yang menjadi ciri khas masyarakat setempat. selain itu terdapat banyak sekali jenis oleh-oleh khas berau. Makanan yang merupakan bagian dari budaya suatu suku memiliki ciri dan rasa yang beragam baik yang digunakan untuk makan sehari-hari maupun untuk keperluan upacara adat, hari besar dan untuk acara pernikahan serta acara acara lainnya. untuk makanannya pun beragam di setiap tempat tentu saja, bahkan tempat makan nya pun mempunya gaya sendiri. oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kuliner, oleh-oleh khas berau, serta rekomendasi tempat makannya. Berikut ini adalah daftar rekomendasi kuliner maupun Oleh-Oleh Khas Berau yang perlu kamu coba


1. Tumpi Udang



Tumpi Udang biasanya dipakai sebagai hidangan utama persiapan pernikahan untuk menjamu tamu atau keluarga. Tumpi khas Berau ini terdiri dari kepal udang yang ditumbuk dengan parutan kelapa, lalu diberi bumbu bawang merah dan putih, juga kunyit, Setelah ditumbuk dan dibentuk bulat, barulah Tumpi Udang siap untuk digoreng. Rasanya sangat sedap, dan memanjakan lidah. Tumpi udang sangat cocok jika disantap dengan nasi hangat plus sambal pedas.


2. Bubur Ancur Paddas


Bubur ini sangat kaya akan gizi, berbagai macam sayuran dan rempah-rempah menghasilkan citarasa yang luar biasa unik. Sangat gurih dan lezat, tentunya lebih enak disantap saat masih hangat. Bubur ancur paddas merupakan perpaduan antara Beras, santan kelapa, daun labu muda, jagung, daun kacang, kacang panjang dan kelapa parut yang digoreng. Sementara untuk bumbunya terdiri berbagai rempah seperti barang merah, bawah putih, ketumbar, jintan putih, merica, serai, kunyit, jahe, kemiri dan lengkuas.


3. Kue Sarang Semut



Kue Disebut juga dengan sarang semut, karena kue ini memiliki rongga-rongga seperti sarang semut Warna cokelat yang membalur diseluruh bagian kue berasal dari bahan caramel. Teksturnya kenyal dan lembut, dengan sensasi manis yang sangat enak.


4. Pia Berau



Pia ini terbuat dari bahan alami dan tanpa memakai pemanis buatan. Tersedia berbagai macam rasa dari yang isi kacang ijo, keju, ubi, nanas sampai full cream cokelat. Pia khas berau dibuat oleh para penduduk setempat, dengan kualitas rasa yang jempolan.


5. Talinga Sagayi



Dalam arti bahasa setempat di sana  Talinga Sagayi berarti kuping dayak. Kue ini juga ada lagunya, loh. Judulnya pun sama, dan sering dinyanyikan pada saat lomba masak di Berau.
Talinga Sagayi hampir mirip dengan kue cincin. Berbentuk seperti angka delapan, kue ini terbuat dari tepung dan gula merah lalu diaduk dan proses memasaknya dengan cara digoreng. Saat disantap anda akan memperoleh sensasi manis dan gurih dari kue ini.


Baca Juga : 5 Makanan Khas Tangerang Yang Harus Kamu Coba

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kuliner Khas Di Berau, Kalimantan Timur"

Posting Komentar