5 Kuliner Khas Lampung Yang Sangat Terkenal


Kuliner Lampung - Sebagai provinsi di Sumatera yang paling dekat dengan Jakarta, Lampung merupakan daerah dengan potensi ekonomi yang cukup menjanjikan. Berbagai macam industri yang sedang berkembang ada di sana. Tak hanya sektor industri dengan skala kecil saja, namun juga industri berskala besar terutama dalam bidang agrobisnis, seperti PT. Gunung Madu, Gulaku, Great Giant Pinapple, dan lain-lain.

Selain sektor industri yang tengah berkembang, sektor pariwisatanya pun tak kalah menggairahkan. Lampung dikenal dengan wilayah yang dekat dengan laut. Tak heran, para turis domestik sampai manca negara berbondong-bong ke Lampung ingin menikmati indahnya pantai-pantai “perawan” yang masih jarang dijamah orang.

Kini, banyak dari wisatawan asing yang memilih melakukan surfing dan mengunjungi tempat wisata di Lampung. Bak gayung bersambut, Lampung memang telah memiliki banyak warisan kuliner tradisional yang tak boleh dilewatkan kala bertamasya ke sana. Berikut beberapa makanan khas Lampung yang siap menggoyang lidahmu


1. Benjak Enak




Terbuat dari campuran beras ketan, pisang raja yang sudah tua, serta santan dan gula, Benjak Enjak merupakan salah satu kudapan khas Lampung yang cukup dinikmati. Orang Lampung Pesisir dan Lampung Pepadun biasanya menyajikan Benjak Enjak untuk acara keluarga atau acara adat lainnya. Selain manis dan gurih, Benjak Enjak juga memiliki cukup banyak manfaat karena kandungan seratnya yang lumayan banyak.


2. Kue Segumpal


Kue khas Lampung ini paling mudah ditemui menjelang Bulan Ramadan. Kuliner asli asal lampung ini berbahan dasar sqantan dan beras ketan. Umumnya makanan khas Lampung satu ini disajikan pada perayaan-perayaan adat dan juga sebagai menu berbuka puasa di bulan Ramadan.


3. Tempoyak


Salah satu makanan khas Lampung yang wajib dicoba adalah Tempoyak, hidangan yang berasal dari olahan buah durian yang difermentasi. Biasanya, kuliner khas Lampung yang juga populer di daerah Sumatera Selatan ini dikonsumsi bersama nasi dan jarang dimakan secara langsung. Rasa yang khas dan aroma yang cukup tajam membuat Tempoyak menjadi pilihan campuran bumbu masakan khas bagi orang-orang Lampung. Untuk kamu yang gemar dengan masakan berasa asam, wajib hukumnya mencoba Tempoyak Lampung ini.


4. Gulai Taboh


Gulai Taboh merupakan kuliner khas Lampung berjenis kuah yang menggunakan bahan dasar santan. Yang menarik dari makanan tradisional Lampung ini adalah bahan-bahan pilihan yang disesuaikan dengan masyarakat Lampung secara turun-temurun. Kuliner tradisional Lampung ini dapat dihidangkan dengan dua cara, yang pertama dengan menggunakan ikan laut dengan campuran sayur seperti daun tangkil, kacang panjang dan rebung. Sedangkan yang kedua yaitu dengan menggunakan ikan sungai dan campuran tuba (keluwek).


5. Seruit


Seruit merupakan makanan khas Lampung berupa ikan goreng atau bakar dengan bumbu tradisional. Menikmati seruit tidak akan lengkap tanpa sambal yang terdiri dari campuran terasi, lalapan, tempoyak (olahan durian), atau mangga. Sesuai dengan namanya yang berasal dari kata ‘nyeruit’, Seruit seringkali dijadikan hidangan untuk dinikmati bersama-sama.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Kuliner Khas Lampung Yang Sangat Terkenal"

Posting Komentar