5 Makanan Favorit Jogja Yang Sangat Terkenal


Makanan  Khas Jogja - Jika kalian berkunjung ke Jogja tentu tidak lengkap jika tidak berwisata kuliner disana, Selain surga belanja dan wisata makanan khas Jogja juga menjadi daya tarik wisata kota pelajar ini. Kuliner jogja sangat identik dengan makanan tradisional dengan cita rasa yang tinggi. Selain itu harganya pun cenderung lebih murah di banding dengan kota besar lainya seperti di jakarta dan bandung. Berikut ini akan kami ulas beberapa kuliner khas Yogyakarta yang sangat terkenal dan juga lezat.


1. Gudeg


Yogyakarta tentu saja tidak dapat dipisahkan dengan gudeg.  Makanan khas Jogja tersebut memang sudah mendunia. Terbuat dari nangka muda yang dibuat dengan santan, gudeg memiliki rasa khas yang manis. Proses pembuatan gudeg terbilang cukup lama. Perlu waktu berjam-jam untuk mengolah masakan gudeg tersebut.


2. Nasi Tiwul


Makanan ini pernah menjadi potret kemiskinan di daerah Gunung Kidul. Dahulu, makanan ini dimakan dengan menggunakan lauk pauk lengkap dengan sayur. Namun nyatanya, kini Nasi Tiwul banyak dicari oleh pecinta wisata kuliner. Selain kelezatan rasanya, Nasi Tiwul juga dipercaya memiliki manfaat untuk tubuh. Dengan kandungan kalori yang sedikit, Nasi Tiwul dapat mencegah penyakit lambung dan penyakit lainnya.


3. Sate Klathak


Sate klathak adalah sate kambing muda yang menjadi menu wajib bila berkuliner di Bantul.  Makanan khas Yogyakarta yang terkenal berbeda ini memang beda dari sate lainnya. Sate ini ditusuk menggunakan tusuk yang terbuat dari jeruji sepeda. Selain itu, sate ini juga disajikan dengan kuah gulai.


4. Angkringan


Angkringan adalah tempat makan favorit anak muda di Yogyakarta. Makanan khas Jogja di Malioboro ini tidak hanya ada di jalanan Malioboro. Tetapi juga terdapat diberbagai sudut kota Jogja. Sego kucing angkringan adalah menu wajib yang ditawarkan. Selain itu terdapat menu lain seperti gorengan, sate usus, sate telur puyuh, dan lain-lain sebagai pelengkap makan. Beberapa angkringan juga telah menyediakan menu bakar dan goreng.


5. Bakmi Pentil


Bakmi Pentil adalah makanan khas Kecamatan Pundong, Bantul. Mie pentil ini berbahan dasar pati ketela sehingga memiliki tekstur yang kenyal. Makanan khas Jogja yang enak ini dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional daerah Bantul. Bentuk mie pentil ini sama dengan mie lainnya. Hanya saja mie pentil ini memiliki rasa yang lebih gurih dan tekstur yang kenyal. Biasanya mie ini berwarna kuning atau putih. Penyajiannya juga disajikan dengan bawang goreng atau sambal.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Makanan Favorit Jogja Yang Sangat Terkenal"

Posting Komentar