5 Makanan Khas Asal Bengkulu


Makanan Khas Bengkulu - Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatra dengan mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah petani. Mungkin dari sekian banyak pembaca, ada beberapa orang yang tidak tahu provinsi Bengkulu mengingat letak geografisnya yang cukup terpencil. Bengkulu ini terletak di pesisir laut lepas dekat dengan Samudera Hindia, sehingga hampir mayoritas makanan khasnya berbahan baku ikan laut yang merupakan potensi dan kekayaan alam wilayah pesisir. Selain beberapa makanan yang menjadi sajian kuliner pokok, ada juga beberapa jenis makanan yang bisa kamu jadikan oleh oleh khas Bengkulu. Baiklah langsung saja berikut ulasan mengenai makanan khas Bengkulu yang patut kamu coba


1. Kue Satu




Bahan membuat kue satu ini diantaranya 2 ons kacang hijau, 1 ¾ ons gula halus, 2 sendok makan air, dan ¼ sendok teh essence vanili. Cara membuatnya, pertama tama kacang hijau di sangrai untuk melepas kulitnya. Setelah itu, kacang hijau dihaluskan dengan blender atau diuleg sampai lembut. Kemudian, kacang hijau tersebut disaring dan dicampur bersama dengan gula halus, air, serta vanili sembari diaduk hingga pulen. Siapkan cetakan kemudian cetaklah adonan sembari ditekan sampai padat. Panggang dalam oven dengan suhu minimal 150 derajat celcius hingga adonan menjadi kering. Begitu matang, angkat adonan yang sudah jadi kue dan dinginkan. Terakhir masukkan kue satu ke dalam toples atau letakkan dalam piring saji untuk dinikmati.


2. Kembang Goyang




Kembang goyang merupakan salah satu nama cemilan berbahan dasar tepung beras dan santan kelapa. Cemilan ini menjadi primadona saat upacara pernikahan adat berlangsung. Bentuknya mirip dengan bunga dan cara membuatnya dengan cara digoreng. nah, saat menggoreng cemilan ini, adonan kue harus di goyang, sehingga dimakan kembang goyang. Rasa sajian kuliner kembang goyang ini beragam ada yang tawar dan ada juga yang manis, namun ada juga yang mempunyai rasa gurih saat dicoba. Meskipun kembang goyang ini mirip dengan kue kembang goyang yang ada di Jawa Timur, namun bisa jadi sejarah dari kedua jenis kue ini berbeda. Meskipun begitu, kita harus tetap menghargainya dan menyerap informasi tersebut agar wawasan tentang budaya nusantara kita menjadi lebih lengkap lagi dan tentunya menambah rasa cinta kita terhadap tanah air sendiri.


3. Gulai Pisang




Gulai Pisang ini merupakan sajian kuliner yang unik. Jika biasanya pisang sebagai buah-buahan diolah sebagai manisan atau langsung disantap begitu saja, namun di Bengkulu pisang dapat diolah menjadi masakan berupa gulai. Resep gulai pisang pun diwariskan secara turun temurun. Cara memasaknya mudah, pertama kamu harus menyiapkan bahan berupa pisang dan santan secukupnya. Rendam pisang dengan garam dan jeruk nipis, kemudian tiriskan dan rebus selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, campurkan pisang dengan bumbu-bumbu khusus gulai kemudian dimasak sebentar sebelum disajikan. Selain enak, pisang juga cocok bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Jika kamu bosan dengan diet pisang yang monoton, maka kamu bisa mencoba sajian kuliner yang satu ini.


4. Emping 


Emping merupakan makanan yang terbuat dari biji buah melinjo yang direbus kemudian ditumbuk dan dimemarkan. Emping biasa dijadikan cemilan saat sedang bersantai dengan keluarga maupun teman. Makanan ringan khas Bengkulu ini biasa dijual dalam bentuk masih mentah belum digoreng. harga perkilonya memang cukup mahal, bisa mencapai ratusan ribu rupiah karena bahan dan proses pembuatannya cukup lama. Emping bengkulu bisa dengan mudah kamu temukan di toko oleh oleh khas Bengkulu.


5. Kue Cucur


Kue cucur yang terbuat dari tepung terigu dan campuran gula merah. Kue cucur ini dijual cukup murah, satu biji hanya seribu rupiah saja. Di Bengkulu, kue cucur ini merupakan satu dari tujuh jenis kue yang harus disajikan dalam prosesi lamaran seorang calon pengantin.


Baca Juga : 5 Makanan Khas Dari Bali Yang Sangat Populer

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Makanan Khas Asal Bengkulu"

Posting Komentar