5 Oleh Oleh Dari Semarang, Jawa Tengah


Oleh Oleh Semarang - Dari dulu Semarang dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki kuliner paling beragam di Indonesia. Kamu bisa mencicipi berbagai macam cita rasa hasil akulturasi antara kebudayaan Jawa, Tionghoa, dan Eropa di kota ini. Tak sekadar menikmati segala macam hidangan, Kota Semarang juga menyediakan oleh-oleh khas yang wajib kamu bawa pulang. Untuk memudahkan kamu menentukan buah tangan apa yang ingin dibeli, Kami akan berikan rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang sudah terkenal di penjuru nusantara. Berikut adalah ulasannya


1. Lumpia


Berbicara tentang oleh-oleh khas Semarang, kata “Lumpia” sudah pasti ada di pikiran kamu. Lumpia atau lunpia adalah makanan peranakan Asia yang berkembang lama di Semarang. Bentuknya menyerupai roulade dengan isi campuran udang, telur, ayam, serta rebung (bonggol bambu muda yang dicincang halus). Setelah digoreng kering, lumpia biasa disajikan dengan daun bawang merah dan saus yang semakin menambah cita rasa.


2. Tahu Petis


Camilan khas Semarang lainnya yang wajib kamu jadikan buah tangan adalah tahu petis. Tahu petis adalah tahu kuning yang diisi petis, lalu digoreng. Sambal petis inilah yang menjadikan kudapan ini memiliki rasa lezat karena berasal dari udang yang ditumbuk halus dengan berbagai campuran bahan-bahan alami.


3. Tahu Pong


Kuliner yang sudah dikenal sejak 1930-an ini bisa dibilang merupakan salah satu makanan hasil akulturasi budaya peranakan. Konon, nama tahu “pong” sendiri diambil dari bentuk tahu yangkopong(tidak memiliki isi).

Biasanya, seporsi tahupongdisajikan dengan telor dan gimbal (rempeyek udang berukuran besar) lalu semuanya dipotong kecil dan disiram dengan kuah sambal petis. Sama halnya dengan tahu petis, kamu juga bisa membungkus tahupongini sebagai oleh-oleh atau dinikmati sendiri di kota asal dengan membungkus tahu dan kuah secara terpisah. Tempat terbaik untuk menjajal tahupong adalah di Jalan Gajah Mada.


4. Roti Ganjel Rel


Semarang juga ada oleh-oleh tempo dulu. “Rotiganjelrel” adalah roti berbentuk gelondongan besar yang padat dengan tekstur agak alot. Sebenarnya, nama asli kue ini adalah roti gambang, sebab bentuknya yang menyerupai alat musik gambang. Tapi, oleh masyarakat setempat kue ini dinamakan “ganjelrel” karena ukurannya mirip bantalan rel kereta api yang bentuknya panjang dan tebal.


5. Bandeng Presto


Oleh-oleh yang sudah terkenal dan menjadi ciri khas Kota Semarang adalah bandeng presto. Ya, sebagai kota di pinggir laut yang punya banyak tambak, Semarang memang dikenal sebagai salah satu penghasil bandeng terbesar di Indonesia. Berkat ide kreatif seorang wanita bernama Hanna Budimulya pada tahun 1977, ikan bandeng yang dikenal memiliki banyak duri kecil ini pun bisa diolah menjadi bahan pangan yang mudah dimakan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Oleh Oleh Dari Semarang, Jawa Tengah"

Posting Komentar