5 Oleh-Oleh Dari Solo, Jawa Tengah


Oleh-Oleh Solo - Solo menjadi kota besar yang juga populer setelah Jogjakarta dan juga Semarang. Beberapa destinasi seperti keraton dan tempat yang lainnya selalu mengundang untuk dijelajah. Namun ketika mengunjungi sebuah kota tidak lengkap rasanya jika pulang tak membawa buah tangan. Di Solo selain membawa makanan, kamu juga bisa membawa barang lain yang akan membuat kerabat kamu senang. Yuk simak oleh oleh khas Solo yang harus kamu bawa pulang berikut.


1. Solo Pluffy



Kue artis kini memang marak dan di Solo juga ada salah satu kue artis yang bisa kamu jadikan oleh oleh. Kue miliki dari Jesicca Mila ini memiliki tekstur yang lembut ketika masuk ke dalam mulut. Ada beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera. Kue ini juga terbilang tahan lama apalagi jika disimpan di lemari pendingin. Kamu bisa langsung ke gerainya di Jl. Ronggowarsito atau ke mall terdekat untuk mendapatkannya.


2. Baju Batik


Tak hanya Jogja yang punya batik, Solo juga punya batik yang bisa kamu jadikan oleh oleh untuk keluarga di rumah. Batik khas Solo memiliki banyak motif salah satunya Kawung. Kamu juga bisa mendapatkan di beberapa tempat seperti yang merk terkenal layaknya Dhanar Hadi atau berburu di pasar klewer maupun PGS. Tentunya kamu harus memilih sesuai dengan budget yang kamu miliki.


3. Intip Solo


Intip merupakan makanan ringan yang terbuat dari kerak nasi yang digoreng. Makanan ringan intip yang masih orisinil benar - benar dibuat dari kerak nasi yang terdapat di bagian bawah ketel atau panci khusus untuk menanak nasi. Intip jaman dahulu juga tidak dibumbui dan hanya ditaburi garam setelah digoreng. Kini seiring dengan perkembangan jaman. Intip dibuat secara khusus dengan menggunakan cetakan dan tersedia dalam berbagai rasa karena dibumbui sebelum digoreng. Bahkan beberapa intip kini juga memiliki topping; seperti gula karamel yang dioleskan di atas gorengan intip berbentuk bulat untuk memberikan rasa manis.


4. Srabi


Srabi atau surabi merupakan makanan khas dari solo yang dibuat dengan cara tradisional. Srabi yang terbuat dari bahan tepung beras yang dicampur santan diolah dengan cara dimasak di atas api yang berasal dari kayu bakar atau arang dengan menggunakan semacam cobek dari tanah liat. Seiring dengan perkembangan teknologi kini alat memasak srabi terkadang telah digantikan dengan menggunakan api berbahan bakar gas serta menggunakan cetakan dengan bahan logam yang lebih praktis dan juga hemat energi. Selain srabi dengan rasa asli yang gurih; kini juga ada berbagai macam pilihan rasa lain seperti srabi cokelat yang ditaburi meses dan juga rasa buah - buahan.


5. Rambak Petis


Rambak merupakan semacam kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang sebelumnya telah dikeringkan. Kebanyakan rambak kini dibuat dari bahan kulit sapi mengingat bahan baku berupa kulit kerbau lebih jarang ditemui. Rambak Petis khas Solo memiliki rasa yang gurih dan renyah ketika dimakan. Sesuai dengan namanya; kerupuk rambak khas Solo ini akan semakin nikmat ketika dimakan bersama sambal petis yang terbuat dari bahan udang dengan rasa yang pedas. Penggemar makanan pedas dapat membeli kerupuk rambak ini satu paket bersama dengan sambal petisnya. Sedangkan mereka yang tidak suka makanan pedas tetap dapat menikmati kerupuk rambak yang lezat dengan rasa orisinil tanpa menggunakan sambal petis yang pedas.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Oleh-Oleh Dari Solo, Jawa Tengah"

Posting Komentar