5 Oleh Oleh Khas Banjarmasin Yang Sangat Terkenal


Oleh-Oleh Banjarmasin - Kota Banjarmasin merupakan ibukota Kalimantan Selatan yang sudah terkenal dengan julukan Kota Seribu Sungai. Tentu saja jika main ke kota ini atau mungkin sekedar lewat, rasanya kurang lengkap jika pulang ke kota asal tapi tidak membawa buah tangan. Kota yang satu ini memiliki banyak sekali aneka barang dan makanan yang bisa kamu bawa pulang. Tentunya dengan harga yang variatif juga. Ada yang paling murah hingga yang paling mahal.

Tentu saja kamu harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jangan sampai terlalu memaksakan. Yang penting pulang ke rumah membawa oleh-oleh khas Banjarmasin, meski dengan harga yang relatif murah. Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Banjarmasin yang paling populer untuk para wisatawan


1. Batu Mulia


Batu Mulia atau terkenal juga dengan batu akik bisa menjadi oleh-oleh khas Banjarmasin yang unik. Apalagi kalo kamu gemar mengoleksi batu-batuan mulia. Pasalnya, Kota Banjarmasin sudah cukup terkenal dengan sebutan Kota Intan. Tentunya penghasil batu mulia yang berkualitas.


2. Panting


Alat musik yang satu ini juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Banjarmasin. Panting merupakan alat musik tradisional asli Kalimantan Selatan. Tampilannya hampir mirip dengan alat musik dari Arab yang bernama Gambus Arab. Namun dari segi ukuran, panting ukurannya lebih kecil.
Alat musik khas Kalimantan Selatan ini dimainkan dengan cara dipetik dan memiliki tiga dawai. Tidak banyak orang yang bisa memainkan alat musik yang satu ini.


3. Amplang Ikan Pipih


Amplang juga dikenal dengan sebutan Kuku Macan merupakan oleh-oleh khas Banjarmasin yang bisa kamu beli dan dijadikan oleh-oleh. Amplang merupakan makanan sejenis  kerupuk yang menggunakan ikan pipih sebagai bahan utamanya.

Ikan Pipin air tawar hanya dapat ditemukan di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Sehingga ketika kamu membeli makanan khas Banjarmasin yang satu ini, tentunya akan memberikan sensasi tersendiri. Apalagi untuk keluarga di rumah yang tidak ikut ke kota Banjarmasin.


4. Rabuk Ikan Haruan


Rabuk Ikan Haruan merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin. Dan membeli makanan khas ini sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin bukanlah masalah. Karena makanan juga akan menjadi sesuatu yang bisa dinikmati sebagai oleh-oleh. Tahukah kamu kalo rabuk itu adalah sebutan untuk abon di Kalimantan Selatan? Makanan khas Banjarmasin yang satu ini merupakan abon yang terbuat dari ikan haruan.


5. Wadai Rangai


Makanan khas Banjarmasin yang satu ini terbuat dari bahan dasar sagu dan kelapa. Dan cocok juga untuk dijadikan oleh-oleh khas Banjarmasin. Makanan yang satu ini memiliki rasa yang manis dan gurih. Pada zaman dulu Wadai Rangai disajikan pada saat ada acara adat atau acara-acara formal. Tapi sekarang kamu bisa menikmati makanan ini kapanpun dan bisa juga dibawa ke rumah untuk dijadikan oleh-oleh khas Banjarmasin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Oleh Oleh Khas Banjarmasin Yang Sangat Terkenal"

Posting Komentar