5 Oleh Oleh Khas Dari Kota Medan, Sumatra Utara


Oleh-Oleh Medan - Jalan - Jalan ke Medan untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata tentu sangat menyenangkan, apalagi karena sudah menjadi rahasia umum pula bahwa kota ini  merupakan salah satu “surga” pencinta kuliner Indonesia. Tak heran bila ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa dibawa pulang selepas traveling di sana. Bagi kamu yang baru pertama kali mengunjungi Kota Medan dan masih bingung memilih buah tangan yang tepat, simak rangkuman dibawah ini oleh-oleh  yang paling terkenal di Medan


1. Teri Medan 


Bagi yang ingin mencari kuliner atau oleh-oleh dengan rasa asin, ikan teri bisa menjadi alternatif yang tepat. Ikan teri yang menjadi makanan favorit masyarakat lokal ini bisa kamu dapatkan di seluruh pasar tradisional di sini, salah satunya Pasar Sentral yang menjadi pusat pedagang ikan teri. Ada pun produk yang dijual di tiap kios adalah jenis ikan teri tauge Medan dan ikan teri nasi Medan.

Supaya lebih praktis, saat ini sudah banyak produk ikan teri olahan. Salah satu teri olahan yang banyak diburu adalah Teri Bajak Medan. Produk ini mengemas ikan teri menjadi sambal ikan teri dengan berbagai rasa, seperti sambal cabai merah dan cabai rawit. Bagi pencinta masakan pedas dan gurih, oleh-oleh satu ini bisa kamu dapatkan di Toko Nusantara, Jalan T. Amir Hamzah No 17.


2. Pancake Durian


Pancake durian memiliki bentuk yang berbeda dengan pancake pada umumnya. Layaknya bantal, kudapan ini berisi daging buah durian yang dibungkus dengan kulit tipis, lalu dibekukan. Saat digigit, rasa durian yang dominan membuat saya seakan memakan buah durian secara langsung.

Bagi kamu yang ingin membawa olahan durian ini sebagai oleh-oleh, cobalah mampir ke Durian House yang berlokasi di Jalan Sekip No 67. Harganya juga cukup terjangkau dibanding buah durian utuh. Selain itu, mau dibawa ke luar kota juga aman dan praktis karena tidak mengeluarkan aroma tajam yang seringkali dilarang dalam penerbangan.


3. Kopi Sidikalang


Kopi Sidikalang merupakan kopi kebanggaan masyarakat Sumatra Utara yang sudah termahsyur hingga ke luar negeri. Sidikalang adalah wilayah pegunungan yang memiliki tanah subur, suhu udara yang sejuk, dan curah hujan yang cukup, hingga dapat menghasilkan biji kopi dengan kualitas terbaik.

Kalau kamu pencinta kopi, pasti tahu perbedaan rasa antara kopi Sidikalang dengan kopi lainnya.  Rasanya yang enak dan unik, membuat kopi ini mampu bersaing dengan kopi Brazil yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Dari segi harga, kopi Sidikalang cukup terjangkau. Cara mendapatkannya pun mudah karena kopi ini sudah banyak dijual pasar tradisional, pasar swalayan hingga warung kopi.


4. Lemang


Makanan tradisional ini berbahan dasar beras ketan yang dicampur santan dan digulung menggunakan daun pisang. Makanan ini pun dimasak secara unik, yaitu dimasukkan ke ruas bambu dan dibakar di atas bara api. Setelah matang dan dapat disantap, ketan tersebut terasa sangat pulen dan gurih, serta memiliki aroma yang khas. Rasanya pun semakin nikmat saat disantap selagi hangat dengan tambahan tapai, durian, atau selai serikaya. 


5. Bolu Meranti


Bolu Meranti merupakan salah satu oleh-oleh khas Medan yang paling banyak diburu oleh wisatawan. Selain terkenal dengan rasa yang enak, kue ini juga memiliki banyak varian rasa mulai dari keju, blueberry, cokelat, stroberi, nanas, moka, dan kacang. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau, yaitu mulai Rp60.000 per kotak. Selain bolu gulung, Bolu Meranti juga menyediakan produk bolu gulung 3-in-1 yang terdiri dari rasa keju, blueberry, dan cokelat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Oleh Oleh Khas Dari Kota Medan, Sumatra Utara"

Posting Komentar