5 Oleh-Oleh Yang Terkenal Dari Surabaya


Oleh-Oleh Surabaya - Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki banyak atraksi wisata untuk didatangi. Mulai dari North Quay, Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, Monumen Kapal Selam, hingga berbagai macam taman kota dan waterpark, ibukota Jawa Timur ini punya semuanya. Surabaya juga menjadi tempat yang menarik untuk berburu oleh-oleh khas.

Satu hal yang pasti akan langsung membuat kamu takjub di Surabaya adalah keberagaman makanannya. Kekayaan kuliner Surabaya tumpah ruah dari jalanan sampai restoran mewah. Tak sedikit pula yang bisa kamu bawa pulang sebagai souvenir. Berikut ini ada beberapa oleh-oleh yang wajib kamu beli kalau pas mengunjungi Surabaya.


1. Kerupuk Udang Lobster


Kerupuk udang merupakan jenis kerupuk yang lazim ditemui; namun di Surabaya ada kerupuk udang unik yang dibuat dari udang lobster. Berbeda dengan kerupuk yang dibuat dari udang rebon, kerupuk udang lobster memiliki cita rasa yang khas dan tentu saja juga memiliki nilai gizi yang istimewa. Salah satu kerupuk udang lobster dari Surabaya yang terkenal karena memiliki cita rasa lezat adalah kerupuk udang lobster Ny. Siok.


2. Siropen Telasih



Siropen Telasih merupakan produk sirop khas Surabaya yang telah diproduksi sejak tahun 1923 dan merupakan pabrik sirop pertama yang didirikan di Indonesia. Sesuai dengan namanya; perusahaan Sirop Telasih didirikan oleh JC van Drongelen yang merupakan seorang pengusaha Belanda yang saat itu tinggal di kota Surabaya. Siropen Telasih masih mempertahankan proses produksi konvensional untuk mempertahankan cita rasa unik yang membuat sirop ini terkenal.


3. Rambak Sapi


Rambak sapi merupakan sejenis kerupuk yang dibuat dari bahan daging sapi. Rambak sapi khas Surabaya memiliki keunikan dan cita rasa khas berupa rasa yang tidak amis seperti kebanyakan rambak sapi atau kerbau. Rambak sapi Surabaya juga memiliki tekstur yang lebih tipis sehingga lebih renyah ketika dimakan. Rambak sapi dibuat dengan proses manual yang rumit mulai dari perendaman dengan air kapur, menghilangkan lemak dan bulu hingga dijemur dan kemudian digoreng.


4. Kopi Bandrek


Kopi bandrek mungkin merupakan jenis minuman yang umum dan banyak ditemui; namun Surabaya memiliki kopi bandrek dengan cita rasa khas. Kopi bandrek khas Surabaya memiliki rasa yang khas karena menggunakan beberapa remapah – rempah sebagai bumbu dari campuran kopi dan jahe. Selain kopi bandrex dengan rasa tradisional; terdapat kopi bandrek khas Surabaya yang memiliki rasa kekinian seperti rasa kopi krim yang dibuat oleh Kopi Bandrek Sreg. Minuman instan tanpa pengawet ini memiliki daya tahan 6 bulan dalam penyimpanan.


5. Belinjo Udang


Belinjo atau melinjo merupakan bahan emping yang umum; namun di Surabaya terdapat emping belinjo dengan rasa udang yang unik dan lezat. Makanan yang menjadi oleh oleh khas Surabaya ini mulai dikenal sejak tahun 1970-an dan kini telah berkembang dengan banyak varian rasa seperti rasa manis dan pedas.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Oleh-Oleh Yang Terkenal Dari Surabaya"

Posting Komentar