7 Makanan Khas Dari Tulungagung


Makanan Khas Tulungagung - Tulungagung merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur yang terkenal sebagai daerah penghasil marmer yang terbesar di Indonesia. Tak hanya dikenal dengan potensi marmernya, akan tetapi Tulungagung juga mempunyai berbagai macam tempat wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam sampai dengan tempat wisata kuliner yang menjajakan makanan khas Tulungagung. Wisata kuliner yang ada di Kota Tulungagung ini sudah banyak populer di kalangan para wisatawan yang mengunjungi kota di Jawa Timur ini.

Makanan khas Tulungagung dan minuman khas Tulungagung banyak dijual di sekitar wilayah ini. Saat kamu sedang berwisata di Kota Tulungagung Jawa Timur ini, jangan sampai melewatkan untuk berwisata kuliner khas Tulungagung. Sebab, banyak sekali jajanan Tulungagung yang bisa kamu beli di toko oleh-oleh khas Tulungagung. Penasaran apa saja makanan yang khas dari kota Tulungagung ini ? Yuk langsung simak saja berikut ini


1. Jenang Syabun



Jenang syabun merupakan makanan khas Tulungagung yang legendaris. Konon katanya, jenang syabun ini pertama kali dijual oleh Mbah Saubun yang biasa dipanggil Mbah Syabun. Lalu jenang yang dijual terkenal menjadi Jenang Syabun. Rasa jenang syabun khas Tulungagung sangat manis legit. Kata orang yang sudah menyantapnya, jenang syabun terasa licin saat dimakan.


2. Sompil



Sompil merupakan makanan khas Tulungagung yang sangat recommended untuk para pecinta pedas. Rasanya sangat nikmat apabila bumbunya dibuat pedas. Ditambah lagi makannya dengan lontong dan tambahan lotho, dijamin menggugah selera. Makanan khas Tulungagung ini sangat cocok dinikmati saat makan siang dan santap malam.


3. Botok Jeroan


Botok biasanya isinya tempe atau teri. Tapi botok khas Tulungagung menggunakan jeroan sebagai isiannya. Botok Jeroan khas Tulungagung terbuat dari bumbu kuah santan, risan tomat, irisan belimbing sayur,cabai, bawang merah, bawang putih, dan jeroan.


4. Pecel Punten


Pecel biasanya disajikan dengan nasi putih dengan sayuran dan bumbu kacang. Namun di tulungagung, ada yang namanya Pecel Punten. Pecel Punten khas Tulungagung terbuat dari nasi ketan yang ditumbuk halus lalu dibumbui santan. Harga makanan khas Tulungagung ini sangat murah meriah. Dengan lima ribu rupiah saja kamu sudah bisa menikmati pecel punten lengkap dengan sayurnya.


5. Ayam Lodho


Ayam lodho ini tak berbeda jauh dengan opor. Akan tetapi, yang membedakan yaitu ayamnya yang diolah dengan cara dipanggang terlebih dahulu. Dengan begitu, pada waktu kamu mencicipinya akan terasa lebih enak dan rasanya itu nagih banget pokoknya. Biasanya masakan ini dinikmati bersama dengan lontong atau ketupat.


6. Kerupuk Rambak


Kerupuk rambak merupakan kerupuk yang terbuat dari kulit kerbau. Rasannya gurih dan renyah sehingga bisa dijadikan cemilan atau lauk. Katanya yang membedakan kerupuk rambak khas Tulungagung dari daerah lain yaitu teksturnya lebih renyah dan kriuk di mulut.


7. Nasi Bantingan


Makanan khas Tulungagung yang sekilas tampak seperti nasi rames ini namanya Nasi Bantingan. Isi dari nasi ini adalah berbagai macam pilihan lauk pauk dengan sambal.
Bungkusannya kecil-kecil menggunakan kertas minyak atau daun pisang. Karena dibungkus sangat kecil, harganya jadi murah. Tapi tidak cukup makan satu bungkus kalau mau kenyang.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Khas Dari Tulungagung"

Posting Komentar