7 Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Paling Terkenal


Oleh-Oleh Bandung - Bandung bisa dibilang sebagai kota sejuta pesona setelah Yogyakarta. Kota yang menjadi ibukota provinsi Jawa Barat ini dikenal dengan kemajuan infrastruktur dan kesadaran masyarakatnya. Kota Kembang, sebutan untuk kota Bandung, yang telah melekat lama di tengah masyarakat, membuat sebagian penduduk Indonesia penasaran dengan pesona alam yang ditawarkan olehnya. Berkunjung ke Bandung memang bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak pohon-pohon dan bunga-bunga cantik yang tumbuh di sana. Ada juga makanan khas Bandung yang bisa menggoyang lidah, serta pilihan oleh-oleh khas Bandung yang sangat beragam. Ini dia beberapa buah tangan dari Bandung rekomendasi MakananOlehOleh.com untuk kamu beli sebagai hadiah ataupun kenang-kenangan.


1. Souvenir Wayang Golek


Di jalan H. Akbar no. 10 ada galeri dengan isinya berbagai macam wayang golek, topeng, gantungan kunci, alat permainan tradisional, dan souvenir lain yang dibuat langsung secara manual. Galeri tersebut bernama Cupumanik yang kini menjual oleh-oleh khas Bandung selain makan berbentuk souvenir dengan tema wayang dan barang tradisional. Lokasinya ada di dekat toko kue Kartika Sari.

Untuk membantu pembuatan barang-barang tersebut, Cupumanik memperkerjakan 40 karyawan dengan tugas beragam. Tetapi yang paling banyak adalah Karyawan yang membuat wayang dari kayu albasiah (lame) dengan ukuran kecil mulai dari 15 cm bahkan ada yang sangat besar dengan ketinggian 2 meter.


2. Donat Madu


Bosan dengan donat yang rasanya seperti itu-itu saja? Cobalah membeli oleh-oleh khas Bandungan berupa Donat Madu Cihanjuang yang berbeda dari kebanyakan donat. Seperti namanya, rasa dari donat ini sudah pasti akan sangat manis karena terdapat madu. Belum lagi dengan adanya berbagai hiasan atau topping cantik yang rasanya juga manis.

Kelebihan dari makanan dengan bagian tengahnya yang bolong dan selalu berbentuk bulat dengan merek Cihanjuang tersebut selain madu adalah rasanya yang agak kenyal bahkan ada rasa gurih. Penambahan madu yang dilakukan pada produk tersebut dimaksudkan agar konsumen mendapat manfaat dari madu dan agar penderita diabetes tidak merasa takut dengan makanan manis.


3. Tahu Tauhid


Jika mendengar kata tahu, maka yang terlintas di pikiran adalah makanan tradisional yang berbentuk kotak dari kacang kedelai. Walaupun ada tahu bulat yang belum lama ini eksis, namun ada varian lain dari tahu dengan nama tahu tauhid. Walaupun penamaannya adalah tauhid yang cenderung Islami dan agak unik, tapi bagi umat beragama lain sangat dibolehkan untuk merasakan enaknya oleh-oleh khas Bandung murah meriah ini.

Rasa tahu ini setelah digoreng adalah gurih dengan tekstur kenyal dan sedikit renyah. Cita rasanya yang berbeda itulah yang menjadi daya tarik bagi orang-orang, termasuk para pelancong lokal maupun internasional. Datang saja ke Jalan Cijeruk No. 133, Lembang atau Jalan Sesko AU no. 20 Lembang, Bandung untuk membelinya atau bila penasaran dengan cara memasaknya, bisa langsung menuju dapur yang sangat terjaga kebersihannya.


4. Souvenir Angklung


Jika mendengar kata angklung, pasti yang teringat adalah alat musik yang berasal dari daerah Jawa Barat. Karena ketenarannya itulah, pastinya jika berkunjung ke Bandung harus membawanya sebagai oleh-oleh. Apalagi pada tahun 2010 silam, angklung ditasbihkan menjadi Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia yang diberikan oleh salah satu organisasi PBB, UNESCO.

Alat musik ini tergolong unik, mengingat untuk mengeluarkan bunyinya harus digoyangkan dan bunyinya enak didengar. Alat musik yang telah ada sejak zaman dahulu tersebut, bahkan dikatakan telah ada pada abad 12 telah memiliki puluhan jenis, tidak hanya tersebar di Jawa Barat saja, melainkan seluruh nusantara. Misalnya Angklung Kanekes, yang digunakan oleh orang dari suku Baduy.


5. Oncom


Oncom merupakan jenis makanan unik yang dibuat menggunakan kacang tanah atau ampas kelapa. Namun jika oncom yang dibuat dengan kacang tanah, maka oncom tersebut sudah pasti dibuat di Bandung dengan cara memberi ragi seperti halnya membuat tempe.

Ragi yang digunakan bukanlah ragi pada umumnya yang dibuat untuk tempe, jadi ragi pada oncom berbeda dari ragi tempe. Hasil dari proses ini akan menciptakan oncom dengan permukaan berwana oranye pada bagian atasnya. Perbedaan oncom dan tempe selain permukaannya adalah banyak sedikitnya jumlah kacang tanah yang dipakai.


6. Rujak Cireng


Cireng merupakan cemilan yang dibuat menggunakan tepung kanji yang digoreng dan biasanya disajikan dengan saus untuk menambah nikmat rasanya. Sedangkan rujak adalah jajanan yang terdiri dari berbagai buah segar yang juga dimakan dengan bumbu rujak yang khas. Namun bagaimana jadinya jika cireng dipadukan dengan bumbu rujak yang rasanya asam, manis, pedas itu ? Tentu rasanya akan sangat nikmat, itulah yang dihadirkan oleh rujak cireng dari Bandung.

Cireng yang memiliki rasa gurih dan setelah di goreng sangat crunchy, kemudian ada tambahan bumbu rujak, maka akan membuat siapa saja menikmatinya. Ada beberapa varian rujak cireng yakni yang biasa dan ada juga varian lain yaitu cireng salju dan kerupuk cireng yang sama-sama dipadukan dengan bumbu atau sambal rujak. Harganya beragam, mulai dari 7 ribu sampai ada yang 21 ribu dalam satu kemasan.


7. Pia


Kue pia pada umumnya merupakan kue yang diisi dengan kacang hijau bercampur gula lalu ditutup menggunakan adonan tepung yang dipanggang. Pia sendiri berasal dari negara Cina, bahkan penamaan ‘pia’ dari bahasa Cina yang memiliki arti ‘kue’. Namun di Bandung telah mencul berbagai macam pia yang tidak hanya kacang hijau yang menjadi isiannya, melainkan ada cokelat, keju, durian, dan rasa lain. Bahkan ada juga yang dicampur menjadi satu dari berbagai isian.

Dengan isian yang beraneka ragam itulah, sekarang ini banyak yang meminati Pia. Perlu diketahui, bahwa pia juga disebut dengan bakpia yang sangat terkait dengan Yogyakarta, dan ada juga yang menganggapnya dari Jogja, padahal sebenarnya pia berasal dari Cina. Sensasi yang dirasakan saat mengunyah pia adalah rasanya yang lembut, walau tak lembut-lembut amat, kemudian rasanya (cokelat, keju, kacang ijo, dan lain-lain) akan lumer di mulut saat menikmatinya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Oleh-Oleh Khas Bandung Yang Paling Terkenal"

Posting Komentar