5 Oleh Oleh Khas Asal Pekalongan, Jawa Tengah


Oleh Oleh Pekalongan - Pekalongan menjadi salah satu kota besar yang ada di Pulau Jawa. Kota ini dikenal sebagai kota batik, karena masyarakat di daerah ini mayoritas menjadi pengrajin batik terbesar di Indonesia. Salah satu lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi untuk melihat koleksi batik khas Pekalongan terlengkap yaitu museum batik Pekalongan. Namun, selain melihat keanekaragaman ciri dan motif batik Pekalongan, jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh khas Pekalongan untuk membeli berbagai makanan dan souvenir khas Pekalongan


1. Limun Oriental



Limun Oriental merupakan jenis softdrink khas Pekalongan yang cukup hits. Minuman ini dibuat dari racikan sari buah, gula, air putih, asam sitrat, dan karbondioksida, sehingga membuat softdrink ini terkesan beruap saat diminum. Limun oriental dikemas dalam kemasan botol, minuman ini dijual dengan harga sekitar Rp 7.500’an. Kamu bisa mendapatkannya diberbagai market dan toko oleh-oleh khas Pekalongan. Salah satunya, di Pabrik Limun Oriental yang beralamat di Jl. Rajawali Utara No. 15, Panjang Wetan.


2. Sale Pisang



Jenis pisang yang biasanya dibuat sale ini yaitu pisang ambon. Dalam pembuatannya, pisang diiris tipis-tipis dan dijemur hingga kering. Selanjutnya pisang digoreng menggunakan nyala api sedang dan kemudian tiriskan diatas piring. Sambil menunggu dingin, siapkan adonan sebagai lapisan luar untuk menggoreng pisang hingga menjadi sale. Kuliner Pekalongan Sale pisang ini dijual dengan harga mulai dari Rp 25.000’an per kemasan. Kamu bisa mendapatkannya diberbagai pusat oleh-oleh salah satunya yang berada di di Pusat Oleh-Oleh Khas Pekalongan yang berada di Jl. Doktor Sutomo, Karangmalang.


3. Kue Lumpang


Kue lumpang merupakan jenis makanan kue basah yang memiliki tekstur lembut. Makanan ini umumnya berbentuk bulat seperti (lumpang/tempat menumbuk padi secara tradisional) dan berwarna coklat. Namun, kini sudah banyak varian warna kue lumpang, seperti warna hijau. Camilan ini dibuat dari bahan baku tepung beras dan tepung tapioka, dengan tambahan gula aren, garam, daun suji (untuk warna hijau alami), dan kepala parut sebagai toping.

Kue Lumpang bisa kamu beli di toko roti atau toko oleh-oleh khas Pekalongan, salah satunya di Toko Roti Dias yang berada di Jl. H. A Salim Gang 6, No.2. Oleh-oleh yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 100.000’an per kemasan dengan isi 30 pcs kue lumpang.


4. Kopi Tjanting


Nah, bagi para pecinta kopi nih, kamu bisa membeli produk Tjanting Coffee (Kopi Tjanting) khas Pekalongan. Kopi yang diolah tersebut berasal langsung dari perkebunan kopi Pekalongan, tepatnya di Desa Jolotigo. Proses pengolahannya dilakukan secara natural, mulai dari digrading, diroasting, hingga digiling. Hasil penggilingan kopi tersebut dijual dalam bentuk bubuk kopi dalam kemasan.

Tjanting Coffee memiliki cita rasa khas yaitu pahit dengan sedikit rasa mocca. Kamu bisa membeli beberapa varian rasa seperti Robusta, Excelsa, Arabica, dan Kopi Luwak. Bubuk kopi khas Pekalongan ini dijual dengan harga mulai dari Rp 40.000’an per kemasan. Kamu bisa berkunjung ke Toko oleh-oleh khas Pekalongan yang berada di Pekalongan City, Dukuh.


5. Apem Kesesi


Apem merupakan salah satu kuliner Pekalongan tradisional di pulau Jawa. Begitu pula dengan Apem Kesesi yang menjadi makanan khas Pekalongan yang dibuat dengan bahan dasar tepung beras serta gula Jawa atau gula aren. Ciri khas dari Apem Kesesi yaitu warnanya yang coklat dan dilapisi daun pisang. Adonan tepung beras dan gula jawa dibentuk pipih dan diletakkan di atas daun pisang. Kemudian dikukus kurang lebih 25 menit.

Salah satu tempat terkenal untuk membeli Apem Kesesi yaitu di outlet Apem Mak Timah yang berada di Jl. Raya Kesesi Utara. Kamu bisa membelinya dengan harga murah yakni Rp 1.000 per apem.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Oleh Oleh Khas Asal Pekalongan, Jawa Tengah"

Posting Komentar