5 Oleh Oleh Khas Dari Jogja


Oleh Oleh Jogja - Jogja, siapa yang tidak kenal dengan kota berjuta pesona tersebut? Banyak hal yang bisa kita temukan saat mengunjunginya, mulai dari kebudayaan, kesenian, kesederhanaan, keramahan penduduk, makanan khas Jogja, hingga lokasi-lokasi wisata yang mengundang decak kagum. Dari segenap kekayaan yang ada, Tidak ada alasan untuk tidak sesekali mendatangi Jogja. Apabila kamu sedang menghabiskan waktu di Jogja dalam berbagai rangka, mulai dari urusan kerja hingga liburan, jangan sampai kamu melewatkan salah satu kekayaan yang disuguhkan oleh Kota Budaya ini. Kemudian, jika beberapa hari ke depan kamu sudah harus berpisah dengannya, jangan sampai kamu lupa untuk membeli buah tangan spesial dari Jogja. Berikut ini oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu pilih untuk dibawa ke rumah.



1. Cokelat Monggo


Pendirian Cokelat Monggo diawali dari orang berkebangsaan Belgia bernama Thierry Detournay yang kecewa akan cokelat di Indonesia yang biasa-biasa saja. Kemudian lambat laun, ia ingin membuat produk cokelat yang enak dengan bahan seadanya di CV. Anugerah Mulia. Setelah itu, lahirlah nama Cokelat Monggo yang diperoleh dari kata “Monggo” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Silakan”. Uniknya cokelat ini memiliki kemasan dari bahan daur ulang bahkan telah bersertifikat FSC dengan gambar Indonesia banget, seperti Punakawan dan batik.


2. Bakpia


Sebagai kota yang terkenal akan bakpianya, rasanya tak lengkap jika melancong ke sana tanpa membawa makanan yang memiliki isian lembut berkulit tipis itu. Apalagi di sekeliling tempat wisata dan toko oleh-oleh, sangat banyak yang menjual bakpia berbagai merek yang enak-enak sebagai oleh-oleh khas Jogja yang terkenal. Beberapa merek bakpia yang dapat dibeli dengan rasa terbaik salah satunya adalah Bakpia Jogja Merlino. Terdapat isian beraneka ragam, seperti cokelat, susu, keju, ubi ungu, bahkan durian dan yang terlaris adalah green tea dan capuccino. Harganya 40.000 sampai 42.500 dalam satu wadah berisi 20 biji.


3. Sale Pisang Crispy



Sale sebenarnya bukan asli Yogyakarta, namun karena kepopulerannya sale berkembang di daerah ini sebagai oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama. Yang belum tahu sale itu apa, sale adalah makanan yang dibuat dengan pisang yang telah diiris tipis lalu digoreng. Sebelum digoreng, irisan pisang dijemur agar pisang lebih kering dan mikroba yang menempel mati.


Untuk memberi rasa pada sale, biasanya diberi gula bahkan ada yang memberi perasa lain seperti keju. Umumnya sale disajikan dengan diberi tepung agar saat dikunyah akan terasa renyah, walaupun tanpa tepung juga enak untuk dimakan. Kebanyakan sale pisang memiliki rasa manis dan renyah, namun jika dibuat pada musim hujan, rasanya bisa berubah karena saat dijemur, matahari akan terhalangi.


4. Onde Onde Kering


Walaupun onde-onde bukan berasal dari Indonesia, yakni berasal dari China, namun toko yang menjual makanan ini di Jogja sangatlah menjamur. Makanan ini dibuat dari tepung beras dan tepung ketan kemudian diberi isian, seperti daging atau kacang hijau. Namun apabila belum diberi taburan wijen di sekelilingnya, maka belum dinamakan onde-onde, karena wijen adalah ciri khasnya. Setelah dilakukan proses pemasakan, maka terciptalah onde-onde berbentuk bulat dengan tekstur yang kenyal dan agak berair.


5. Wingko Babat


Wingko babat adalah panganan yang dibuat menggunakan bahan-bahan seperti ketan, kelapa, santan, vanili, gula pasir, dan garam dengan bentuk akhir bulat pipih atau berbentuk persegi kecil. Saat memakannya akan timbul rasa manis yang legit kemudian dibarengi rasa gurih, dan serat-serat dari kelapa parut akan sangat terasa. Untuk pengemasannya, wingko babat dikemas menggunakan wadah satu persatu dengan harga 500 perak sampai 1.000 rupiah.

Jika akan dibawa pulang, tak perlu khawatir jika nanti akan busuk, karena wingko bisa bertahan beberapa hari setelah dimasak, bahkan walaupun telah lama di toko, tetap saja rasanya enak. Jika ingin menikmati wingko lebih enak lagi, maka harus disantap saat masih hangat bersama wedang kopi. Walaupun bukan asli Jogja dan buka terkenal di Jogja, nyatanya banyak sekali toko-toko yang menjual wingko babat di daerah tersebut.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Oleh Oleh Khas Dari Jogja"

Posting Komentar