7 Tempat Wisata Terkenal Yang Ada Di Ponorogo

Wisata Ponorogo - Seorang traveler yang mengaku sebagai pencinta alam wajib berkunjung ke Kota Ponorogo. Salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur ini memiliki deretan tempat wisata alam yang sangat indah. Deretan tempat wisata di Ponorogo tersebut pun masih terjaga kelestariannya sehingga tak hanya sejuk dipandang, tapi juga menyuguhkan udara yang menyegarkan. Penasaran dengan tempat-tempat wisata tersebut? Yuk, telusuri 40 tempat wisata di Kabupaten Ponorogo yang tengah ngehits dan menjadi buruan para pencinta wisata alam. 


1. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel merupakan tempat wisata yang paling populer di Ponorogo. Telaga seluas 5 km2 ini memiliki suasana yang sejuk, berada di kaki Gunung Wilis. Rata-rata, suhu di tempat ini berada pada kisaran 20-26 derajat Celsius. Tempat wisata di Ponorogo ini juga menjadi lokasi berburu foto favorit para fotografer. Secara khusus, panorama matahari terbit di pagi hari menjadi momen yang sangat mengagumkan. Kombinasi sinar matahari pagi dengan kabut tipis, membuat siapa pun berdecak kagum.

Sebagai tempat wisata yang populer, tidak sulit untuk menjangkau tempat ini. Tersedia angkutan umum yang dapat digunakan. Namun, pilihan terbaik untuk menuju ke Telaga Ngebel adalah dengan kendaraan pribadi. Sebagai tambahan, tiket masuk ke tempat ini sangat murah, yakni Rp4 ribu per orang. 


2. Air Terjun Sunggah

Tempat wisata alam berikutnya di Ponorogo yang layak untuk disinggahi adalah Air Terjun Sunggah. Dengan ketinggian mencapai 50 meter, air terjun ini memiliki aliran yang sangat deras. Bahkan, air di tempat ini tidak pernah kering. Saat memasuki musim kemarau, suara deburan air terjun pun dapat terdengar dari kejauhan. Oleh masyarakat setempat, suara tersebut kerap dijadikan pertanda datangnya musim kemarau. 

Selain menyuguhkan panorama air terjun yang memukau, tempat ini juga masih lestari. Di sekitarnya, terdapat hamparan pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Kawasan di sekitar air terjun memang dikenal sebagai area hutan. Selain itu, terdapat pula area persawahan tak jauh dari lokasi air terjun. 

Kalau ingin berkunjung ke tempat ini, Anda bisa datang ke Desa Selur yang ada di Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo. Perjalanan ke tempat ini dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Jangan khawatir, fasilitas di kawasan wisata ini cukup bagus. Tersedia area parkir yang berjarak sekitar 10 menit berjalan kaki dari lokasi air terjun.


3. Wisata Gunung Beruk

Wisata Gunung Beruk jadi pilihan tempat wisata yang tengah ngehits berikutnya di Kota Ponorogo. Tempat yang satu ini memang menawarkan pemandangan memukau. Wisatawan pun kerap menyebut Wisata Gunung Beruk sebagai Kalibiru dari Ponorogo. Apalagi, di sini juga tersedia gardu pandang yang bisa menjadi lokasi berswafoto sembari menyaksikan pemandangan sekitar.

Menariknya, gardu pandang yang ada di tempat wisata di Ponorogo ini tidak hanya satu. Ada beberapa rumah pohon yang dibangun, terutama di area hutan pinus. Rumah pohon di sini memiliki ketinggian mencapai 20 meter dan dibangun dengan tangga dari besi. Masing-masing gardu pandang tersebut pun memiliki kapasitas berbeda-beda, disesuaikan dengan ukurannya. 

Wisata Gunung Beruk ini terletak di Desa Karangpatihan yang menjadi bagian dari Kecamatan Balong, Ponorogo. Tempat ini berjarak sekitar 20 km dari Alun-Alun Ponorogo. Wisatawan bisa menjangkau tempat ini menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Papan penunjuk menuju lokasi wisata ini pun cukup mudah dijumpai.


4. Gunung Bedes

Tempat wisata yang satu ini memang memiliki nama unik, Gunung Bedes. Berlokasi di Dusun Buyut, Desa Ngadirojo, Kecamatan Sooko, Gunung Bedes memiliki arti gunung monyet. Sebutan itu merujuk pada keberadaan monyet yang mendiami tempat wisata ini. Wisatawan pun dapat dengan mudah menyaksikan lalu lalang para monyet di tempat ini. Meski, dibandingkan beberapa tahun lalu, populasinya mengalami penurunan. 

Tempat wisata di Ponorogo ini mendadak populer lewat Instagram karena memiliki pemandangan yang mengagumkan. Keindahan alam di sini membuatnya sebagai tempat favorit untuk berburu foto instagramable. Lokasi berfoto favorit para wisatawan adalah di area tebing. Dari situ, wisatawan bisa secara langsung menyaksikan keberadaan Gunung Bayang Kaki dari kejauhan. 

Tidak ada akses transportasi umum yang bisa digunakan untuk menjangkau tempat wisata ini. Oleh karena itu, para wisatawan hanya memiliki pilihan naik kendaraan pribadi. Wisatawan yang datang ke tempat ini biasanya menggunakan sepeda motor. Kalau pergi ke tempat ini, bisa mengambil arah menuju ke Pasar Pulung, dilanjutkan ke arah Air Terjun Pletuk dan Gua Maria Fatima. Dari sini, Anda bisa bertanya langsung ke masyarakat sekitar.


5. Taman Kelinci Ponorogo

Taman Kelinci Ponorogo menjadi tempat berburu foto instagramable yang tengah ngehits. Tempat wisata ini memang memiliki nama yang sama dengan Taman Kelinci di Malang. Hanya saja, suasana yang dimiliki kedua tempat ini jauh berbeda. Taman Kelinci Malang dilengkapi dengan rumah mini ala film The Hobbit. Sementara itu, Taman Kelinci Ponorogo memiliki gardu pandang sebagai daya tarik utamanya. 

Taman Kelinci Ponorogo ini memiliki beberapa gardu pandang, masing-masing memiliki bentuk yang unik. Mulai dari gardu pandang yang didesain bertingkat, hingga gardu pandang yang dibentuk seperti bunga matahari. Suasananya kian asyik dengan pemandangan hijau yang bisa dijumpai di sekitar taman. 

Tempat wisata di Ponorogo ini berlokasi di lereng Gunung Masjid yang menjadi wilayah dari Desa Pandak, Kabupaten Bulak. Untuk menuju ke tempat ini, Anda membutuhkan waktu tempuh selama 2 jam perjalanan dari pusat Kota Ponorogo. Tiket masuknya pun murah, hanya Rp3 ribu per orang.


6. Air Terjun Jurang Gandul

Kecamatan Ngrayun juga memiliki air terjun cantik lainnya, Air Terjun Jurang Gandul, disingkat Jurga. Tempat wisata alam yang satu ini berlokasi di Jambe Dukuh Ngembel yang menjadi bagian dari wilayah Desa Baosan Lor. Untuk menuju ke tempat ini, Anda butuh menempuh perjalanan sekitar 1 km dari Jalan Raya Mrayan-Baosan. 

Hal yang menarik dari air terjun ini adalah lokasinya yang berada tidak jauh dari sebuah jurang. Para pengunjung pun harus berhati-hati, bisa-bisa terpeleset ke dalam jurang. Selain itu, adanya batu-batu besar di tempat wisata di Ponorogo ini juga membuatnya terlihat cantik dalam jepretan sebuah kamera. 

Air terjun ini juga masih memiliki suasana alami. Udaranya sangat segar. Bahkan, fasilitas pendukung juga masih minim. Termasuk sarana parkir. Alternatifnya, wisatawan bisa menitipkan sepeda motor ke rumah-rumah warga.


7. Watu Pecah

Tempat wisata yang ngehits dan menarik berikutnya adalah Watu Pecah yang terletak di Desa Jonggol, Kecamatan Jambon. Namanya diambil dari keberadaan sebuah batu berukuran besar yang memiliki retakan pada bagian tengahnya. Para wisatawan kerap berfoto dengan berpose di atas batu sembari menikmati pemandangan hijau di sekitar area wisata ini. 

Di tempat ini, wisatawan bisa menemukan beragam fasilitas. Mulai dari rumah pohon, jembatan cinta, serta area berkemah. Tidak ketinggalan, Anda juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam dari area bukit ini. Sebagai tambahan, Taman Bukit Wakwaw bisa menjadi lokasi peristirahatan. Tersedia gazebo yang dapat menjadi lokasi bersantai selepas berjalan kaki cukup jauh.

Watu Pecah berada di ketinggian 370 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tidak terlalu sulit untuk mendaki bukit ini. Tidak heran kalau banyak pendaki pemula yang melakukan aktivitas penjelajahan ke sini. Apalagi, aktivitas pendakian hanya butuh waktu sekitar 1 hingga 15 jam.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tempat Wisata Terkenal Yang Ada Di Ponorogo"

Posting Komentar