Berwisata Ke Bukit Indah Simarjarunjung, Sumatra Utara

Wisata Bukit Indah Simarjarunjung - Jika Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki Kalibiru sebagai wisata alamnya, maka masyarakat Sumatera Utara mempunyai  wisata alam yang tak kalah indahnya dengan Kalibiru. Objek wisata tersebut adalah Bukit Indah Simarjarunjung.

Bukit Indah Simarjarunjung atau BIS ini memang serupa dengan Kalibiru baik dari kesejukan alamnya dan keindahannya. Hanya saja yang membedakan dua objek wisata ini adalah pemandangan alam yang disajikannya. Jika Kalibiru menyajikan pemandangan alam hutan hijau dari atas perbukitan maka BIS menyajikan keindahan Danau Toba dari ketinggian.


Jam Operasional

Obyek wisata alam ini dapat dikunjungi setiap hari oleh wisatawan sejak pagi hingga sore hari. Waktu yang paling banyak diminati adalah saat matahari terbit atau pada saat senja tiba. Disarankan untuk menghindari kunjungan saat akhir pekan karena akan ramai pengunjung.


Daya Tarik Bukit Indah Simarjarunjung


Obyek wisata alam perbukitan ini merupakan bagian dari gugusan pegunungan Bukit Barisan. Dengan demikian pengunjung dapat melihat berbagai keindahan alam dari ketinggian. Tak salah jika pemerintah setempat pernah menyematkan julukan Bali Baru kepada Bukit Indah Simarjarunjung ini.


Keindahan Danau Toba dari Berbagai Sisi


Berada di ketinggian hampir 1.160 meter di atas permukaan laut membuat pengunjung dapat melihat keindahan Danau Toba dari berbagai sisi. Terdapat padang rumput hijau dengan Pohon Pinus setinggi 5 hingga 7 meter yang menghiasi bukit ini. Melalui ketinggian ini pula pengunjung dapat melihat menara stasiun tv transmisi milik pemerintah, Pulau Tao, Pulau Samosir hingga sepintas Parapat.

Rasanya kurang puas jika saat berkunjung ke BIS tidak mengabadikannya dalam bentuk dokumentasi. Tak jarang dari wisatawan yang datang untuk mengambil foto sebanyak mungkin dengan berlatarkan Danau Toba. Keindahan yang ditawarkan sungguh sayang untuk dilewatkan. Tak hanya untuk menikmati keindahan Danau Toba dalam waktu biasa, terkadang beberapa pengunjung memilih melihat Danau Toba sembari menyaksikan matahari terbenam atau saat terbit.


Bermain Ayunan Gantung


Para pecinta olahraga ekstrim patut mencoba wahana yang satu ini. Wahana ayunan gantung di atas danau. Ayunan ini menggantung tepat di atas Danau Toba, sehingga saat berayun pengunjung dapat langsung melihat keindahan Danau Toba dan sekitarnya. Untuk mencoba ayunan ini pengunjung perlu membayar sejumlah retribusi. Selain ayunan gantung ini, wisatawan dapat menjajal permainan flying fox sejauh 100 meter.


Fasilitas

Sebagai tempat wisata alam, fasilitas yang tersedia di Bukit Indah Simarjarunjung ini tergolong lengkap. Diantaranya terdapat kantin atau tempat makan, toko cinderamata, penginapan, pondok-pondok untuk beristirahat yang menghadap ke Pulau Samosir, tempat berkemah, tempat parkir, toilet dan bermacam-macam spot foto.

Tak jauh dari lokasi terdapat penginapan dengan berbagai fasilitas bagi pengunjung yang ingin menghabiskan waktunya lebih lama di obyek wisata ini. Penginapan ini memiliki tarif mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 400.000 per malamnya. Berjarak sekitar 10 meter dari BIS terdapat pula beberapa cafe untuk bersantai yang menyuguhkan pemandangan Danau Toba.


Rute & Lokasi Bukit Indah Simarjarunjung

Obyek wisata alam perbukitan ini berada di Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 21163. Jika pengunjung berasal dari Kota Medan, bisa melalui rute Berastagi kemudian melanjutkan perjalanan menuju Parapat atau Samosir. Setelah itu menuju Simalungun dan berakhir di Simarjarunjung. Perjalanan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi ataupun bus sewaan dengan waktu tempuh selama 3 jam 30 menit perjalanan.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berwisata Ke Bukit Indah Simarjarunjung, Sumatra Utara"

Posting Komentar